Harga Minyak Anjlok ke Level Terendah Sejak Mei, Kok Bisa?

Kompas.com - 09/09/2020, 12:18 WIB
ilustrasi harga minyak thinkstockphotos ilustrasi harga minyak

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah berjangka Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI), mengalami penurunan sebesar 7 persen, ke level 36,76 dollar AS per barel pada perdagangan Selasa (8/9/2020), waktu setempat. Harga minyak tersebut menjadi yang terendah sejak Mei lalu.

Selain itu, harga minyak mentah jenis Brent juga turun, ke level di bawah 40 dollar AS per barel, terendah sejak Juni 2020.

Belum pulihnya permintaan menjadi sentimen utama anjloknya harga minyak mentah di pasar komoditas global.

Baca juga: Hingga Agustus, Realisasi Lifting Minyak Lampaui Target

Misal saja, permintaan atas bahan bakar pesawat masih relatif lemah. Hal ini diakibatkan belum yakinnya masyarakat untuk berpergian di tengah pandemi Covid-19 dengan menggunakan pesawat.

"Permintaan menurun, pasokan justru meningkat," ujar Direktur Energi Berjangka Mizuho Securities, Robert Yawger, dikutip dari CNN, Rabu (9/9/2020).

Aksi jual murah juga terjadi setelah Arab Saudi, pemimpin de facto Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), memangkas harga jual resminya ke Asia dan Amerika Serikat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Langkah tersebut dinilai bukan pertanda baik ketika eksportir minyak terkemuka dunia merasa harus menurunkan harga untuk menarik pembeli.

Baca juga: Mangkrak 8 Tahun, Pemerintah Dorong Pembangunan Depo Minyak Rp 12 Triliun

"OPEC terlihat panik, dengan memberikan sinyal buruk ke industri energi," ujar Yawger.

Sebagai informasi, pandemi Covid-19 dan perang harga antara Arab Saudi dengan Rusia menjadi dua sentimen utama yang menekan harga minyak dunia selama beberapa bulan ke belakang.

Harga minyak mentah jenis WTI bahkan sempat menyentuh level negatif untuk pertama kalinya, bahkan sempat berada di level minus 40 dollar AS per barel.



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X