Ini Cara Daftar di Aplikasi GoBiz untuk UMKM Gojek

Kompas.com - 15/09/2020, 18:30 WIB
Ilustrasi UMKM makanan dan minuman Dokumentasi Biro Komunikasi KemenparekrafIlustrasi UMKM makanan dan minuman
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gojek secara resmi memperkenalkan aplikasinya yaitu GoBiz, layanan yang diperuntukkan membantu para mitra UMKM di ekosistem GoFood dalam mengembangkan usahanya.

Head of Merchant Platform Gojek Novi Tandjung menyatakan, sebenarnya aplikasi ini sudah lama digunakan oleh mitra UMKM sejak diluncurkan pada tahun 2018 yang lalu, namun pihaknya belum memperkenalkan secara resmi aplikasi tersebut.

"Walaupun begitu antusias pelaku UMKM menggunakan aplikasi ini cukup banyak, tercatat ada 500.000 lebih pelaku UMKM yang menggunakan aplikasi ini untuk membantu usaha mereka semakin lebih berkembang," ujarnya saat jumpa pers virtual, Selasa (15/9/2020).

Baca juga: Sejak Diluncurkan, Jumlah Pengguna GoBiz untuk Mitra UMKM Gojek Meningkat Lebih dari 500.000

Menurut Novi aplikasi ini juga bisa membantu para mitra UMKM untuk menaikkan skala bisnisnya. Terlebih lagi bagi para pelaku UMKM yang saat ini sedang terpukul akibat adanya pandemi Covid-19.

Sebab kata dia, ada beragam manfaat yang didapatkan melalui aplikasi GoBiz seperti menerima pembayaran nontunai, mengembangkan usaha, hingga membuat efisiensi operasional dengan beberapa fitur menariknya.

Dia pun menjelaskan adapun cara melakukan atau mendaftarkan diri di layanan ini adalah dengan dengan mengunduh aplikasi GoBiz di Google Play Store terlebih daulu, kemudian memilih fitur usaha yang akan dijalani.

Pada tahap registrasi, pengguna perlu mengisi informasi data pribadi dan data usaha seperti identitas, rekening bank hingga pilihan layanan tersedia.

Baca juga: Ekonom Ingatkan DPR untuk Tidak Tarik Bank Sentral di Bawah Dewan Moneter

Setelah itu, pengguna harus masukan foto diri dan kelengkapan data, agar diverifikasi lanjut oleh pihak GoBiz dan pada tahap terakhir pihak UMKM atau pengguna bisa menunggu konfirmasi dalam waktu 2 hari kerja.

Novi bilang untuk saat ini aplikasi GoBiz hanya bisa didapatkan melalui Play Store saja tapi ke depan pihaknya akan menghadirkan layanan ini di berbagai app store lainnya.

"Dalam waktu dekat ini kita belum berencana membuatnya di iOS atau App Store lain tapi ke depannya kami akan menghadirkannya, melihat jumlah peminat aplikasi ini," kata dia.

Baca juga: Menko PMK: Kita Akan Perang Melawan Stunting



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X