Sejak Diluncurkan, Jumlah Pengguna GoBiz untuk Mitra UMKM Gojek Meningkat Lebih dari 500.000

Kompas.com - 15/09/2020, 16:40 WIB
Interaksi mitra pengemudi Gojek dengan mitra restoran GoFood. Dok Humas GojekInteraksi mitra pengemudi Gojek dengan mitra restoran GoFood.

JAKARTA, KOMPAS.com - Head of Merchant Platform Gojek Novi Tandjung menyatakan semenjak applikasi GoBizz diluncurkan pada tahun 2018 yang lalu, hingga kini banyak pelaku UMKM yang tertarik untuk menggunakannya.

Dia menyebutkan lebih dari 500.000 pelaku UMKM yang saat ini sudah memanfaatkan aplikasi ini untuk membantu usahanya berjalan dan terus berkembang.

"Sejak 2 tahun diluncurkan, kami mencatat ada 500.000 lebih mitra UMKM yang mengembangkan usahanya melalui applikasi ini," ujarnya saat jumpa pers virtual Gojek, Selasa (15/9/2020).

Baca juga: PSBB Ketat Jakarta, Gojek Pastikan Ojol Tidak Bisa Angkut Penumpang di Zona Merah

Menurutnya angka ini telah meningkat lantaran banyaknya manfaat yang bisa didapatkan para mitra bisnis UMKMantara lain mengelola restoran di GoFood dan mengatur ketersediaan menu, mengelola status restoran buka atau tutup, mengatur jam operasional, memonitor seluruh transaksi serta mengubah detail harga di GoFood jika dibutuhkan.

Selanjutnya, pelaku UMKM bisa menerima pembayaran non-tunai dengan cara melakukan scan kode QR yang telah diberikan.

"Artinya, mitra kita enggak harus menyiapkan uang kembalian, terus enggak ada antrean dan enggak ada kontak fisik seperti yang dihimbau selama ini," jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut Novi mengatakan melihat besarnya antusias mitra UMKM menggunakan layanan ini, pihaknya berkomitmen memberikan dukungan melalui pembaruan-pembaruan fitur yang ada di applikasi GoBiz.

Baca juga: 120.000 Jumlah Merchant Bergabung ke Ekosistem Gojek selama Masa Pandemi

Ke depan, pihaknya ingin berkontribusi pada upaya yang dilakukan pemerintah untuk mencapai target angka 12 juta pelaku UMKM yang masuk ke market digital.

"Kita tahu sekarang pemerintah sedang mengupayakan terus untuk mendorong UMKM go digital, bahkan di tahun ini targetnya ada 12 juta pelaku UMKM yang harus bergabung dan kami melalui layanan ini, ingin ikut berkontribusi di dalamnya," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.