Menhub Pastikan Proyek Bandara dan Pelabuhan Labuan Bajo Tetap Jalan

Kompas.com - 20/09/2020, 10:03 WIB
Labuan Bajo, salah satu pariwisata Prioritas Nasional yang digencarkan oleh pemerintah. Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp 8,82 triliun untuk pembangunan yang dilaksanakan sejak 2019 hingga 2021. DOk. PUPRLabuan Bajo, salah satu pariwisata Prioritas Nasional yang digencarkan oleh pemerintah. Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp 8,82 triliun untuk pembangunan yang dilaksanakan sejak 2019 hingga 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memastikan proyek pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya pembangunan infrastruktur khususnya dalam sektor transportasi harus dilanjutkan, guna mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan menciptakan lapangan kerja baru hingga membuka konektivitas antar wilayah.

"Sehingga kawasan wisata super priortas seperti Labuan Bajo, Mandalika dan lainnya bisa semakin menarik wisatawan lokal hingga mancanegara," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (20/9/2020).

Baca juga: Contek Bali, Pemerintah Berencana Bangun Jalan Tol di Labuan Bajo NTT

Lebih lanjut, Budi menyebutkan, proyek pembangunan bandara dan pelabuhan ini juga sejalan dengan program padat karya yang dapat menyerap tenaga kerja dari daerah.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu membeberkan, progres pengembangan Bandara Komodo saat ini yang dilakukan oleh Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU),.yaitu pemotongan bukit, pembebasan lahan yang sudah mencapai tahap akhir serta perpanjangan runway 200 kali 45 meter dari semula 2.250 meter akan menjadi 2.750 meter. 

Sementara itu, Budi berharap agar pembangunan Pelabuhan Multipurpose yang dibangun untuk melayani kapal curah air dan peti kemas dengan bobot 5000-10.000 DWT dengan luas pelabuhan lebih dari 6 hektare dapat dipercepat, sehingga selesai tepat waktu.

"Meski di tengah pandemi saya harap pembangunan pelabuhan multipurpose di Wae Kelambu dapat tetap berjalan agar pendistribusian logistik segara berjalan lebih cepat dan lancar. Namun tidak henti-hentinya saya meminta agar mengutamakan protokol kesehatan dalam proses pembangunan di masa pandemi ini," tuturnya.

Baca juga: Menhub akan Selesaikan Pembangunan Pelabuhan dan Bandara Labuan Bajo Tahun Ini

Saat ini progres pekerjaan pembangunan Terminal Multipurpose Wae Kelambu sudah sampai poses pengerjaan persiapan, perkerjaan causeway, pekerjaan trestle, pekerjaan dermaga dan penerapan sistem manajemen keselamatan konstruksi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X