Rupiah Pagi Ini Dibuka Menguat Tipis

Kompas.com - 15/10/2020, 10:14 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang di transaksikan di pasar spot pagi ini menguat tipis, pada Kamis (15/10/2020).

Melansir Bloomberg, pukul 09.25 WIB rupiah berada pada level Rp 14.712 per dollar AS, atau menguat 5 poin (0,3 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.717 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, meskipun menguat tipis, namun rupiah diprediksi akan tertekan hari ini. Hal ini terjadi karena kesepakatan stimulus AS yang masih belum menemui kesepakatan.

Baca juga: Pagi Ini IHSG Dibuka di Zona Merah

“Isu stimulus AS mungkin memberikan tekanan kepada rupiah setelah Menteri Keuangan AS memberikan penegasan, kesepakatan stimulus bakal terjadi setelah pemilu presiden karena banyak perbedaan yang belum disepakati,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Pasar juga mewaspadai rencana demo buruh yang akan berlangsung selama sepekan ke depan. Namun, di sisi lain aksi net buy asing di pasar saham Indonesia bisa membantu penguatan rupiah terhadap dollar AS.

“Melihat faktor-faktor tersebut, maka rupiah mungkin masih akan bergerak sideway,” kata dia.

Ariston memproyeksikan hari ini rupiah akan bergerak pada kisaran Rp 14.700 per dollar AS hingga Rp 14.750 per dollar AS.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X