4 Langkah Mencapai Kesuksesan Hidup ala Mark Zuckerberg

Kompas.com - 16/10/2020, 07:44 WIB
CEO Facebook, Mark Zuckerberg. FacebookCEO Facebook, Mark Zuckerberg.

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa tidak kenal CEO dan pendiri raksasa media sosial Facebook Mark Zuckerberg? Inovasinya yang berawal di kamar asrama itu berhasil memberikan dampak yang besar kepada dunia.

Kesuksesan yang diraih Zuckerberg dalam usia muda pun menjadi inspirasi bagi banyak orang. Selain itu, meski telah menyandang status miliarder, Zuckerberg cenderung menghindari kehidupan glamor.

Malah, ia dan sang istri, Priscilla Chan, memilih untuk lebih banyak beramal dan membantu sesama.

Baca juga: Bill Gates hingga Mark Zuckerberg, Apa Jurusan Kuliah Para Miliarder?

Nah, apa sebetulnya kunci kesuksesan hidup yang diraih Zuckerberg? Vice president of product and social impact Facebook Naomi Gleit menjelaskannya untuk kamu.

Dilansir dari Business Insider, Jumat (16/10/2020), Gleit mulai bekerja di Facebook pada tahun 2005 sebagai asisten administrasi pemasaran.

Saat ini, Gleit memimpin upaya-upaya yang dilakukan oleh Facebook antara lain untuk mendaftarkan warga AS agar bisa menggunakan suaranya dalam pemilu, donor darah, membantu masyarakat peduli akan isu sosial, dan banyak proyek lainnya untuk mendorong orang-orang berbuat baik.

Gleit bekerja secara erat dengan Zuckerberg. Namun, ada satu hal yang membuat Gleit terkesan, yaitu ketika ayah dua anak tersebut membagikan nasihat soal kehidupan.

Baca juga: Mark Zuckerberg Akan Belajar Mata Uang Digital, Untuk Apa?

Pada tahun 2013, Zuckerberg dan Gleit menjadi sukarelawan untuk mengajar kewirausahaan bagi siswa-siswa SD di California. Salah satu sesinya adalah tentang pengembangan diri.

Kala itu, Zuckerberg mengambil kapur dan menuliskan nasihat hidupnya yang tertuang dalam 4 hal, yakni sebagai berikut.

  1. Cintai dirimu sendiri.
  2. Dengan demikian, kamu bisa membantu orang lain dengan lebih baik.
  3. Fokus pada apa yang bisa kamu kendalikan
  4. Untuk hal-hal itu, jangan pernah menyerah

"Pelajaran itu masih saya pegang. (Keempat hal) itu adalah pelajaran hidup saya juga," kata Gleit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X