Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hak Kekayaan Intelektual Penting untuk Brand Lokal

Kompas.com - 19/10/2020, 21:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pangsa pasar lisensi hak kekayaan intelektual tetap terjaga meski tengah pandemi.

Kendati Indonesia menghadapi resesi, namun industri kreatif khususnya terkait dengan pemanfaatan hak kekayaan intelektual diharapkan bisa terus tumbuh.

Untuk mendorong lebih banyak jenama lokal mengoptimalkan peluang komersialisasi, Amara Pameran Internasional dan Danumaya Dipa menggelar pameran lisensi Indonesia International Licensing Show yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca juga: Pola Perilaku Masyarakat Berubah Selama Pandemi, Apa yang Harus Dilakukan Brand?

Melihat geliat kreasi anak muda Indonesia yang semakin tumbuh pesat, bahkan mampu mencuri perhatian internasional, membuktikan bahwa Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar untuk menjadi salah satu pemain dunia.

Indonesia International Licensing Show 2020 hadir secara virtual pada 20-22 Oktober 2020. Acara ini digelar sebagai pergelaran yang disiapkan untuk menjadi wadah bagi setiap creative enthusiast untuk mengenalkan karya mereka kepada publik.

Sembari belajar, berjejaring dan mendapatkan pengetahuan dari para ahli.

Mochtar Sarman, Chairman Indonesia International Licensing Show menuturkan, pengembangan ekosistem HKI penting untuk menggerakkan roda ekonomi kreatif.

Baca juga: Survei: Ada Pandemi, Konsumen Lebih Pilih Brand Lokal, Gojek Teratas

“Indonesia mempunyai ceruk pasar yang sangat potensial di ranah industri Kekayaan Intelektual di Asia Tenggara. Untuk itu dibutuhkan dorongan dari segala pihak agar terciptanya ekosistem yang mumpuni sehingga pergerakan roda ekonomi kreatif ini bisa lebih maksimal dan berkembang," kata Mochtar dalam keterangan tertulis, Senin (19/20/2020).

Ia menjelaskan, program ini bisa menjadi ajang temu bagi kreator lokal dengan para potential buyer. Di lain pihak, potential buyer bisa mengenal langsung dan melihat sudah seberapa jauh kemajuan IP local, yang mana mempunyai potensi besar untuk bersanding dengan IP dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com