Libur Panjang, Kemenhub Minta Masyarakat Tak Berhenti di Rest Area

Kompas.com - 27/10/2020, 11:40 WIB
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi di Pendapa Sipanji Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (14/10/2020). KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAINDirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi di Pendapa Sipanji Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (14/10/2020).

JAKARTA ,KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta kepada masyarakat untuk meningkat kehati-hatian selama periode libur Maulid Nabi dan cuti bersama nasional yang akan jatuh pada 28 hingga 30 Oktober mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengimbau masyarakat untuk tidak memaksakan diri melakukan perjalanan selama periode libur jika dirasa tidak memungkinkan dan tidak ada keperluan mendesak.

“Sesuai dengan pesan Bapak Presiden kepada kita agar apa yang kita lakukan untuk libur panjang ini harus dilakukan dengan teliti sekali," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (27/10/2020).

Baca juga: Jelang Libur Panjang, Saran Menhub: Libur di Rumah Pilihan Tepat

Namun, apabila nantinya masyarakat memutuskan melakukan perjalanan liburan, Budi meminta untuk menerapkan berbagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19.

Seperti misalnya, pengguna mobil pribadi diminta untuk tidak memenuhi rest area yang berada di setiap ruas jalan tol.

“Jika rest area sudah penuh, saya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berhenti di lokasi tersebut. Opsi lainnya jika ingin beristirahat dapat keluar di kota sekitarnya,” tutur Budi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, guna mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas, Budi juga meminta bagi seluruh petugas dan masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan semaksimal mungkin.

“Tentu kita harus selalu ingat masa-masa sekarang ini adalah pola hidup dengan adaptasi kebiasaan baru demikian pula pola perjalanan kita harus sesuai protokol kesehatan yang sudah ditetapkan agar selamat dan sehat," katanya.

Lebih lanjut, Budi memastioan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan seluruh instansi terkait, seperti  Korlantas Polri dan Dinas Perhubungan di daerah-daerah.

“Kita tahu bahwa libur kali ini berbarengan dengan adanya pandemi Covid-19, oleh karenanya kita tidak hanya mengawasi proses mudik balik tetapi bagaimana kita turut memastikan dan mendukung untuk mengurangi penularan dari Covid-19 itu sendiri,” ucapnya.

Baca juga: Survei Kemenhub ke 1.526 Responden: Mayoritas Tak Ingin Berpergian Saat Libur Panjang Akhir Oktober



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X