Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Pastikan Stok BBM, LPG dan Avtur Aman saat Long Weekend

Kompas.com - 27/10/2020, 19:32 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan BBM, LPG  hingga Avtur aman saat  cuti bersama 28 Oktober hingga 1 November 2020.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, dalam rangka mengantisipasi kebutuhan energi akibat meningkatnya mobilitas manusia dalam liburan panjang pihaknya telah menyediakan pasokan yang cukup.

Untuk jenis BBM mulai dari Pertaseries, dexseries, premium dan solar, ketahanan stok secara nasional rata-rata di atas 31 hari, sedangkan untuk LPG diatas 18 hari dan akan terus terjamin ketersediaannya.

Baca juga: Dorong Energi Ramah Lingkungan, Pertamina Produksi Solar hingga Avtur Kelapa Sawit

“Untuk melayani masyarakat yang memanfaatkan moda transportasi udara, Pertamina menjamin stok Avtur sangat aman dengan coverage day hingga 66 hari atau sekitar 386 ribu KL," ujar Fajriyah dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/10/2020).

Menurutnya, Pertamina juga mengantisipasi adanya peningkatan aktivitas konsumen rumah tangga dalam menyediakan makanan untuk keluarga selama cuti bersama. Stok LPG di SPPBE dan Depot LPG saat ini dalam kondisi aman.

Baca juga: Dirut Pertamina Beberkan Penyebab Harga BBM Mahal

Bahkan untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan LPG 3kg selama libur panjang  ini, Pertamina menyiapkan tambahan fakultatif sebesar 4 persen atau sekitar 5.750 MT/hari.

“Pertamina akan terus memantau adanya kenaikan permintaan LPG dan akan menyiapkan penambahan pasokan secara fakultatif bila diperlukan. Namum kami mengimbau bagi masyarakat yang secara ekonomi terkategori mampu dapat menggunakan LPG Non Subsidi dengan varian Bright Gas,” kata Fajriyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com