Hingga September 2020, LPS Jamin Simpanan Rp 3.418 Triliun

Kompas.com - 27/10/2020, 18:42 WIB
Ilustrasi rekening bank. ShutterstockIlustrasi rekening bank.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah menjamin simpanan sebesar Rp 3.418,95 triliun per September 2020.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, jumlah simpanan yang dijamin tersebut sesuai dengan ketentuan program penjaminan maksimal Rp 2 miliar per nasabah per bank.

Adapun jumlah rekening simpanan yang dijamin LPS adalah 99,91 persen dari total rekening. Jumlah rekening setara dengan 335,31 juta rekening.

"Secara nominal, jumlah simpanan yang dijamin mencapai Rp 3.418,95 triliun," kata Purbaya dalam konferensi pers KSSK IV 2020 secara virtual, Selasa (27/10/2020).

Baca juga: Hak Cuti Tahunan ASN Tak Berkurang Meski Cuti Bersama

Untuk melakukan penjaminan, LPS akan menyesuaikan dengan tingkat suku bunga penjaminan.

Tercatat pada September 2020, LPS telah menurunkan tingkat bunga penjaminan pada bank umum dan BPR masing-masing 25 bps menjadi 4,5 persen dan 7,5 persen.

Sementara tingkat suku bunga penjaminan untuk valutas asing pada bank umum turun 25 bps menjadi 1,25 persen.

"LPS akan terus melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kebijakan tingkat bunga penjaminan, sesuai dengan kondisi likuiditas bank, hasil asesmen atas makroekonomi, dan stabilitas sistem keuangan," pungkas Purbaya.

Baca juga: Lelang Sukuk Negara, Pemerintah Kantongi Rp 12,3 Triliun

Sebagai informasi, meningkatkan simpanan yang dijamin sejalan dengan peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK) di perbankan.

Berdasarkan data OJK, DPK pada Agustus 2020 tumbuh sebesar 11,64 persen (yoy), meningkat dibanding akhir kuartal II 2020 sebesar 7,95 persen.

Peningkatan DPK masih didominasi oleh pertumbuhan DPK bank BUKU IV yang mencapai 15,26 persen (yoy). Peningkatan DPK bank BUKU IV didukung oleh penempatan dana yang dilakukan pemerintah.

Baca juga: Konversi ke Kompor Listrik, Subsidi Elpiji Bisa Berkurang Rp 4,8 Triliun



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X