Mumpung Masih Muda, Rencanakan Masa Pensiun Bahagia Sedini Mungkin!

Kompas.com - 13/11/2020, 17:10 WIB
Ilustrasi pensiun. SHUTTERSTOCK/KhongthamIlustrasi pensiun.

KOMPAS.com - Menikmati masa pensiun bahagia adalah impian terbaik bagi setiap orang. Karena, kita bisa menikmati sisa hidup, namun tetap dengan keuangan yang cukup.

Akan tetapi, tidak sedikit yang masih abai terhadap masa pensiun. Alih-alih bahagia, justru banyak yang tidak dapat menikmati masa pensiunnya karena tidak mempersiapkannya dengan baik saat masih berada dalam usia produktif.

Oleh karena itu, jika kamu masih memiliki kekuatan untuk menghasilkan uang, maka persiapkan dana pensiun sedini mungkin. Agar masa tuamu bisa bahagia tanpa ada beban apapun.

Jangan sampai kamu termasuk ke dalam golongan orang yang tidak sukses setelah pensiun, karena sibuk foya-foya di masa muda dan tidak memikirkan masa tua.

Baca juga: Rencanakan Pensiun, Ini 3 Pertanyaan Penting yang Harus Dijawab

Mengapa persiapan masa pensiun penting?

Mempersiapkan masa pensiun bahagia penting untuk kamu pikirkan dari sekarang. Jika kamu hanya bekerja tanpa persiapan pensiun, maka besar kemungkinan kamu akan kesusahan dalam hidup setelah pensiun.

Ketika tidak memiliki tabungan atau investasi yang baik setelah pensiun, yang akan terjadi adalah kepanikan.

Karena, kebutuhan pasca pensiun juga masih banyak yang harus dipenuhi, sedangkan pemasukan menjadi nihil. Maka, sejak kamu mulai bekerja dan termasuk golongan usia produktif, sudah seharusnya tidak mengabaikan masa pensiun nanti.

Untuk mewujudkan masa pensiun impian, berikut akan dijelaskan apa saja yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Sistem Pensiun Indonesia Grade C, Sama dengan Korsel dan Spanyol

1. Proyeksikan kebutuhan dan keinginan untuk pensiun

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X