Cerita Luhut di AS, Bertemu Trump di Gedung Putih hingga "Oleh-oleh" Rp 28,2 Triliun

Kompas.com - 24/11/2020, 06:34 WIB
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menemui Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih, Washington DC, Selasa (17/12/2020). Dokumentasi Gedung Putih ASMenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menemui Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih, Washington DC, Selasa (17/12/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menceritakan pengalamannya ketika menyambangi AS pada pekan lalu, tepatnya tanggal 15 hingga 19 Oktober.

Melalui akun resmi Instagram-nya, Luhut mengaku tidak pernah membayangkan dirinya berada di Istana Kepresidenan AS atau yang lebih dikenal dengan Gedung Putih selama hampir 6 jam.

"Dan bahkan berkesempatan untuk diterima di Oval Office," katanya melalui akun @ luhut.pandjaitan, dikutip Selasa (24/11/2020).

Baca juga: Luhut Jamin Proyek Food Estate Tidak Merusak Hutan

Pada saat kunjungannya ke Gedung Putih, Luhut yang bertandang sebagai utusan khusus Presiden Joko Widodo, disambut langsung oleh Presiden AS Donald Trump.

"Tujuan utama saya ke Amerika ialah menyampaikan apresiasi Presiden Jokowi terhadap Presiden Trump yang telah memperpanjang GSP (Generalized System of Preference) kepada kita sehingga Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia yang mendapat peluang emas ini," tuturnya.

Lebih lanjut, Luhut pun membeberkan keberhasilannya menggaet investasi senilai 2 miliar dollar AS atau setara Rp 28,2 triliun (asumsi kurs Rp 14.100 per dollar AS) dari United States International Development Finance Corporation (IDFC).

Menurut dia, keberhasilan tersebut merupakan hasil dari ubungan erat antara dirinya dengan menantu Trump, Jared Kushner, dan rekannya Adam Boehler, CEO IDFC yang notabenenya adalah tangan kanan Presiden Trump.

Baca juga: Negosiasi Kesepakatan GSP Indonesia-AS Alot 2,5 Tahun, Ini Alasannya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X