Beri Layanan Gratis Transfer Antar Bank, Flip Dapat Untung dari Mana?

Kompas.com - 26/11/2020, 16:10 WIB
Ilustrasi rupiah iStockphoto/danikancilIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi (Flip) merupakan salah satu penyedia layanan transfer gratis antar bank.

Jika biasanya transfer beda bank akan dikenakan biaya admin mulai Rp 3.000 hingga Rp 7.500, Flip tidak menarik biaya sepeserpun.

Lalu, dari mana Flip dapat keuntungan?

Business Development Manager Flip.id, Kemal Ardiansyah mengatakan, keuntungan Flip didapat dari beberapa sumber. Sumber pertama adalah biaya administrasi dari transfer nominal di atas Rp 5 juta.

Baca juga: Biaya Transfer Uang ke Luar Negeri Bisa Lebih Murah 2,5 Kali Lipat?

Sebagai informasi, Flip akan mengenakan biaya sebesar Rp 2.500 bila nominal transfer harian melebihi Rp 5 juta.

"Jadi keuntungan Flip didapat ketika pengguna melakukan transfer di atas Rp 5 juta per hari. Dari situ Flip dapat keuntungan," kata Kemal dalam konferensi pers, Kamis (26/11/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain bisnis transfer, Flip juga mengandalkan layanan lain dalam aplikasinya. Keuntungan perseroan didapat dari penjualan pulsa dan paket data. Karena pulsa dan paket data dijual seharga agen, banyak yang memanfaatkan fitur ini untuk menjual pulsa kembali kepada masyarakat.

Begitupun dengan penjualan token listrik dengan biaya sebesar Rp 500 per transaksi.

Basis keuntungan semakin diperluas ketika Flip meluncurkan Flip Global tahun ini. Fitur tersebut memungkinkan pengguna bisa mengirim uang ke luar negeri.

"Saat ini (sudah) mencakup ke 10 negara, dan kami akan terus kembangkan. Biayanya enggak kalah kompetitif, mulai Rp 50.000 dengan kurs bersaing," tutur Kemal.

Terakhir, keuntungan didapat dari pengguna berbasis korporasi untuk beragam kebutuhan pembayaran, seperti pembayaran gaji, pembayaran tender, maupun refund.

"Ini sudah digunakan lebih dari 340 perusahaan saat ini. Mostly usecase-nya penggunaan Flip untuk pembayaran vendor, gaji, dan refund produk konsumen," pungkasnya.

Baca juga: Kirim Uang dari BRI Syariah Lewat Flip Bisa Gratis, Begini Caranya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.