Pertamina Youthpreneur 2020 Jaring 30 Startup Terpilih

Kompas.com - 27/11/2020, 22:00 WIB
Ilustrasi logo Pertamina. SHUTTERSTOCK/Joachim AffeldtIlustrasi logo Pertamina.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Youthpreneur 2020 memasuki babak baru. Kini terpilih 30 peserta yang berhak melenggang ke tahap selanjutnya. Mereka akan mendapat pendampingan dan materi dari para ahli selama mengikuti acara ini.

Menurut Pjs. Vice President Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari, antusias dan animo pendaftar startup yang dikhususkan untuk kalangan milenial ini cukup tinggi. Dari 279 pendaftar yang melaju ke tahap selanjutnya hanya 9,3 persen saja yakni 30 startup.

“Jumlah pendaftar ini melebihi target. Kami menargetkan sekitar 120 pendaftar, namun realisasinya justru lebih dari 200 persen. Ini menandakan kondisi perkembangan dan ekosistem startup di Indonesia masih cukup sehat,” jelas Heppy lewat keterangan tertulis, Jum'at (27/11/2020).

Baca juga: Luhut Minta KPK Jangan Berlebihan Periksa Edhy Prabowo

Kata dia, seluruh startup yang mendaftar menyajikan hal-hal baru yang cukup potensial. Namun, Pertamina memiliki kriteria khusus dalam menentukan peserta yang lolos. Seperti, startup telah berjalan selama minimal 6 bulan dan merupakan Warga Negara Indonesia.

Selain itu juga terdapat final review dengan memperhatikan daya tarik usaha, keahlian pemilik startup, orisinalitas dan inovasi, serta cakupan pasar.

“Hal ini perlu kami lihat untuk dapat mengetahui tingkat persaingan pasar dari para startup ini. Mereka harus mampu menjadi perusahaan rintisan yang berbeda dan berkualitas agar mudah dilirik orang dan terus bertahan menjadi usaha yang unggul dan mandiri. Sesuai dengan tujuan Program Kemitraan Pertamina,” imbuhnya.

Setelah dinyatakan lolos, para 30 startup ini akan mendapat sejumlah program dan materi. Dimulai pada tanggal 27 November 2020, peserta akan mendapat pembekalan berupa Expert Class.

Selanjutnya pada tanggal 28 November 2020, terdapat program mentoring dari Pertamina. Dan puncak acara pada 29 November 2020 yakni penentuan startup terbaik dan demo day.

Pada acara Expert Class, Pertamina menghadirkan para pembicara dari kalangan milenial. Mereka akan menyampaikan materi sesuai keahliannya masing-masing.

Di antaranya, Vincent Yunnaraga, Investment Analyst Gobi Partners menyampaikan materi tentang bisnis; Harumi Sekar Melati, Legal Associate Kontrak Hukum tentang administrasi; Reza Rizky Darmawan, Head of Product Payfazz tentang produk; Jonathan Bryan, CMO Koinworks tentang percepatan perkembangan usaha; dan Shefali Dodani, Investment Associate Skystar Capital akan menyampaikan materi tentang fundraising.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X