Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut: Generasi Milenial Agen Potensial yang Dapat Dorong Investasi

Kompas.com - 10/12/2020, 19:48 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) diberikan tugas untuk lebih mendorong peran milenial dalam dunia investasi. Hal ini sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 92 Tahun 2019.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, potensi pasar digital tumbuh sangat menjanjikan. Dia menilai, penetrasi pasar internet setiap tahun meningkat sangat signifikan.

"Terkait hal tersebut, generasi milenial adalah generasi yang dekat dengan penetrasi, media, dan teknologi digital merupakan agen potensial untuk mendorong investasi dalam negeri di Indonesia," ujar dia dalam video sambutannya secara virtual pada acara Millenials Talk: The Rise of Indonesia’s Maritime and Investment, Kamis (10/12/2020)

Baca juga: Rombak Struktur Manajemen di Akhir Tahun, Kredivo Targetkan 10 Juta Pelanggan Hingga 2025

Lebih lanjut kata Luhut, untuk mendorong investasi dalam negeri, infrastruktur digital telah dibangun di seluruh pelosok negeri. Dengan adanya ekonomi digital tersebut, Luhut yakin akan menciptakan lebih banyak lapangan kerja baru.

"Mari kita bersama-sama bangkit dan bekerja sama untuk memulihkan kesehatan masyarakat dan perekonomian kawasan, dan segera melakukan lompatan-lompatan kemajuan untuk kejayaan perekonomian di kawasan," kata dia.

Luhut juga mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan agar investasi RI bisa bangkit paling cepat kuartal IV tahun ini atau target maksimal tahun 2021.

"Namun, hasil pertumbuhan investasi Indonesia pada kuartal III 2020, menunjukkan koreksi sekitar 3,49 persen. Beranjak dari hal tersebut, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan untuk mengejar pertumbuhan investasi pada kuartal IV 2020 dan kuartal I 2021," ujarnya.

Baca juga: Milenial, Begini Cara Siapkan Resolusi Finansial dengan Diversifikasi Aset di Tahun 2021

Adapun menurut Sekretaris Kemenko Marves Agung Kuswandono dalam sambutannya, melalui kegiatan Millenials Talk ini diharapkan mampu mendorong untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Oleh karena itu, kegiatan ini dianggap penting sebagai wadah untuk menambah wawasan, pengetahuan dan networking, serta semakin mampu untuk berpikir out of the box.

"Generasi milenial harus memiliki wawasan dan networking yang luas, harus membuka pikiran bahwa Indonesia itu merupakan negara yang sangat besar dengan segala kekayaan sumber daya alamnya," kata Agung.

Baca juga: Ini Daftar 15 Orang Terkaya Indonesia 2020, Siapa Saja?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com