Gernas BBI, BCA Beri Fasilitas Pembiayaan dan Pendampingan kepada UMKM

Kompas.com - 11/01/2021, 10:35 WIB
Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja memberikan keterangan pers kepada awak media, di Menara BCA, Jakarta, Selasa (3/12/2019). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIDirektur Utama BCA Jahja Setiaatmadja memberikan keterangan pers kepada awak media, di Menara BCA, Jakarta, Selasa (3/12/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk mendukung kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM) di Tanah Air melalui berbagai macam pembiayaan dan pemberian sarana.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja mengatakan, dukungan itu diberikan karena UMKM merupakan penopang ekonomi nasional.

"Senang sekali rasanya BCA dapat mendukung UMKM di Indonesia dalam program pemerintah yakni Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ( Gernas BBI). Kami menyadari UMKM merupakan salah satu pilar perekonomian bangsa kita," kata Jahja dalam pembukaan Gernas BBI secara virtual, Senin (11/1/2021).

Berdasarkan data Kemenkop UKM, terdapat lebih dari 64 juta unit UMKM yang berkontribusi sebesar 97 persen terhadap total tenaga kerja dan 60 persen bagi PDB nasional.

Jumlah tersebut menunjukkan, UMKM memang berperan besar bagi perekonomian nasional. BCA kata Jahja, punya program Bangga Lokal, yang visi misinya sama dengan gernas BBI, yakni mendukung UMKM Indonesia agar dapat tumbuh dan berkembang.

Baca juga: Daftar 10 Saham Paling Mahal di Bursa Efek Indonesia 2021

"Melalui program bangga lokal yang berjalan mulai November 2020 lalu hingga Desember 2020, ada 185 merchant yang kita adopsi, jumlah ini diharapkan terus berkembang karena kemudahan akses melalui website BCA," ucap Jahja.

Adapun fasilitas yang diberikan BCA kepada UMKM adalah program kredit untuk membantu permodalan atau pembiayaan yang memadai.

Selain kredit, BCA pun membantu kelengkapan infrastruktur pembayaran sehingga memudahkan para UMKM berwirausaha.

Dalam kampanye Gernas BBI, pihaknya memberikan pendampingan UMKM melalui kegiatan webinar inspiratif dan pemanfaatan kantor cabang (Kacab) BCA di Bali.

"Mungkin nanti akan bertambah di wilayah lainnya untuk mendukung kampanye program Gernas BBI. Semoga UMKM di Indonesia terus berjuang membawa produk lokal lebih maju dan dikenal dalam level yang lebih tinggi. Pada akhirnya, memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional," pungkas Jahja.

Baca juga: Erick Thohir Kirim Doa untuk Penumpang dan Awak Pesawat Sriwijaya Air SJ 182



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X