Kasus Pembobolan Rekening, Ilham Bintang Sepakat Mediasi dengan Indosat dan Bank Commonwealth

Kompas.com - 12/01/2021, 10:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Majelis Hakim dalam sidang gugatan perdata wartawan senior Ilham Bintang atas dua korporasi, PT Indosat Ooredoo Tbk dan Bank Commonwealth, menawarkan semua pihak untuk berdamai.

Hal itu ditawarkan majelis hakim saat akan memulai persidangan kedua pada Senin (11/1/2021) kemarin di Pengadilan Jakarta Pusat.

"Ada kewajiban majelis hakim untuk menawarkan para pihak untuk menempuh jalan perdamaian. Waktunya 30 hari,” ujar Ketua Majelis Hakim Makmur dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (12/1/2021).

Baca juga: Soal Pencurian Nomor Ponsel Ilham Bintang, Ini Kata Indosat

Hakim menawarkan mediasi melalui dua cara. Pertama, melalui mediator yang dipimpin oleh Hakim yang ditunjuk PN Jakarta Pusat. Kedua, mediasi oleh mediator profesional di luar pengadilan.

"Silakan tempuh kedua cara damai itu. Majelis hakim senang kalau bisa ditempuh jalan damai dan majelis memberi waktu selama sebulan, " tambahnya.

Para pengacara pihak Ilham Bintang maupun pihak Indosat dan Commonwealth Bank menerima tawaran majelis hakim untuk menempuh dulu jalan mediasi yang akan dipimpin hakim yang ditunjuk PN Jakarta Pusat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sidang mediasi pun diputuskan akan dilanjutkan pekan depan atau tepatnya Senin (18/1/2021) dengan Hakim Mediator Kadarisman Iskandar.

Sebelumnya, Ilham Bintang menggugat perdata kedua korporasi tersebut dengan masing-masing ganti rugi Rp 100 miliar karena merasa sangat dirugikan secara material dan immaterial atas rapuhnya sistem pengamanan perusahaan.

Lemahnya sistem pengamanan kartu SIM telepon selular Indosat yang digunakan Ilham Bintang, membuat kartu SIM-nya dibajak pada 3 Januari 2020 lalu. Kemudian dengan mudah, seseorang mengaku bernama Ilham Bintang yang datang ke gerai Indosat di Mall Bintaro Exchange, Bintaro.

Baca juga: Pembobolan Rekening Kerap Terjadi, Bagaimana Sebetulnya Sistem Kelola Bank?

Setelah dapat menguasai kartu SIM Ilham Bintang, kelompok pembajak yang ternyata juga sindikat pembobol bank, berhasil menguras dana Ilham Bintang di Commonwealth Bank yang jumlahnya mencapai ratusan juta rupiah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.