7 Langkah Memulai Bisnis Kecil Online Anda

Kompas.com - 12/01/2021, 14:12 WIB
Ilustrasi Getty Images/iStockphoto/LightFieldStudiosIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki bisnis adalah salah satu impian dari banyak orang. Tidak melulu harus bisnis yang besar, memiliki bisnis yang kecil pun juga menjadi salah satu keinginan.

Apalagi ketika bisnis yang Anda miliki hadir di dunia digital atau online. Sebab, saat ini penggunaan belanja digital menjadi hal yang sangat disukai oleh banyak orang.

Mengutip dari Entrepreneur, Selasa (12/1/2021), berikut adalah 7 langkah yang bisa Anda terapkan untuk memulai bisnis kecil online.

Baca juga: Ini Daftar Negara Terbaik untuk Entrepreneur Perempuan, Adakah Indonesia?

1. Mulailah bisnis yang memenuhi kebutuhan

Kebanyakan orang yang baru memulai bisnis, membuat kesalahan dengan mencari produk terlebih dahulu baru mencari pasar.

Padahal untuk meningkatkan peluang suksesnya bisnis Anda, triknya adalah memulai dengan mencari pasar. Anda bisa menemukan sekelompok orang yang sedang mencari solusi untuk suatu masalah, tetapi tidak menemukan banyak hasil.

Anda bisa memanfaatkan internet untuk mencarinya. Kunjungi forum online untuk melihat pertanyaan apa yang diajukan orang dan bagaimana cara mereka menyelesaikannya.

Lalu Anda bisa melakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci yang banyak dicari orang, tetapi tidak memiliki banyak persaingan dengan situs lain. Anda juga bisa melihat pesaing potensial Anda dengan mengunjungi situs mereka dan catat apa yang mereka lakukan untuk memenuhi permintaan.

Kemudian, Anda dapat menggunakan apa yang telah Anda pelajari dan menciptakan produk untuk pasar yang sudah ada.

2. Tulis salinan yang menjual

Ada formula salinan penjualan yang telah terbukti yang membawa pengunjung melalui proses penjualan dari saat mereka tiba hingga saat mereka melakukan pembelian.

Baca juga: Pembatasan Jawa-Bali, Pengusaha: Restoran Bakal Makin Banyak Tutup

Dalam salinan penjualanan Anda, bangkitkan minat dengan judul yang menarik. Lalu, jelaskan masalah yang dipecahkan pada produk Anda dan Bagun kredibilitas Anda sebagai pemecah masalah ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X