Pertumbuhan Ekonomi Jerman Minus 5 Persen Sepanjang 2020

Kompas.com - 14/01/2021, 17:10 WIB
Ilustrasi shutterstock.comIlustrasi

BERLIN, KOMPAS.com - Perekonomian Jerman mengalami kontraksi atau tumbuh negatif 5 persen sepanjang tahun 2020.

Dilansir dari CNBC, Kamis (14/1/2021), hal itu berdasarkan data Produk Domestik Bruto (PDB) sepanjang tahun yang dirilis hari ini, waktu setempat.

Data tersebut lebih baik dibandingkan proyeksi yang memperkirakan ekonomi Jerman bakal mengalami kontraksi hingga 5,1 persen di 2020.

Baca juga: Jerman Kembali Lockdown, Siap-siap Resesi Lagi?

Seperti diketahui, seluruh negara di dunia, termasuk Jerman, mengalami gejolak perekonomian yang hebat akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Pandemi menyebabkan pemerintah Jerman menerapkan beberapa kali lockdown atau isolasi total terhadap kegiatan sosial hingga perekonomian masyarakat setempat.

Kanselir Angela Market pun pekan lalu baru saja mengumumkan, lockdown terakhir yang berlangsung sejak akhir tahun lalu bakal diperpanjang hingga akhir bulan ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di tengah meningkatnya kekhawatiran mengenai kian meluasnya persebaran varian baru virus corona yang belakangan diidentifikasi terjadi di Inggris, surat kabar Jerman, Bild, melaporkan pawal pekan ini Merkel melakukan pertemuan dengan penegak hukum dari partai Persatuan Demokrat Kristen untuk mengumumkan, lockdown kali ini kemungkinan bakal berlangsung hingga awal April mendatang

Baca juga: 6 Saham Farmasi Bertumbangan, KLBF Unjuk Gigi

Hari ini, Jerman mengalami peningkatan sebanyak 25.000 kasus Covid-19 baru dalam 24 jam terakhir.

Dengan demikian, data dari Robert Koch Institute menunjukkan, keseluruhan jumlah kasus Covid-19 di negara tersebut mencapai 1.978.590.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.