Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 4 Kriteria untuk Membuka Bisnis Franchise yang Ideal

Kompas.com - 27/01/2021, 13:53 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuka bisnis franchise atau waralaba tergolong cukup mudah. Sebab segala prosedurnya mulai dari izin buka usaha hingga penjualan sudah tersusun secara detail dan sistematis.

CEO & Founder Sour Sally Group Donny Pramono le membeberkan ada 4 kriteria yang harus diperhatikan ketika ingin membuka bisnis franchise yang ideal.

"Pertama adalah produk. Produk yang dijual harus oke, harus unik, dan bisa diterima tastenya untuk para calon customer yang ingin dituju," ujarnya dalam ShopeePay Talk bertajuk Sukses di Tahun 2021 Lewat Bisnis Franchise yang disiarkan secara virtual, Rabu (27/1/2021).

Baca juga: Lebih dari Rp 1.000 Triliun Investasi Belum Terealisasi, Ini Langkah BKPM

Lalu yang kedua adalah secara brand atau awareness. Menurut dia, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan brand yang dimiliki, dibutuhkan juga brand marketing ataupun dengan menggelar promo.

"Selain menggunakan medsos, endorsment ataupun berpartner dengan influencer terkenal, bisa juga menggelar promo supaya brand kita cepat terkenal dan populer," jelasnya.

Ketiga adalah pengalaman manajemen. Dia bilang dalam membuka usaha franchaise, Standard Operating Procedure (SOP) harus bisa dibuat sesimpel mungkin agar bisa terintegrasi dengan semua sistem. Selain itu mitra yang ingin bekerja sama pun juga lebih terbantu apabila SOP yang dibuat tidak terlalu susah.

Sementara yang keempat adalah hitung-hitungan yang harus masuk akal. Jumlah produk yang harus dijual dalam seharinya dan biaya sewa tenant harus dihitung.

Baca juga: Luhut Harap Pembangunan Tol Trans Sumatera Rampung Awal 2024

Apabila hitung-hitungannya masih masuk akal, maka bisa dipastikan bisnis franchisenya cukup ideal. Namun apabila jumlah biaya sewa dan jumlah orderan perhari yang dijual terbilang enggak masuk akal, akan susah berkembang.

"Ini yang menjadi acuan buat teman-teman yang ingin memfranchaisekan sebuah bisnis ataupun membisniskan franchaisenya. Kalau memang mau membuka bisnis franchaise ataupun sebaliknya, pastikan terlebih dahulu apakah brand Anda sudah memenuhi kriteria tersebut atau belum," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com