Ini 4 Kriteria untuk Membuka Bisnis Franchise yang Ideal

Kompas.com - 27/01/2021, 13:53 WIB
Ilustrasi franchise, waralaba Dok. HaloMoney.co.idIlustrasi franchise, waralaba

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuka bisnis franchise atau waralaba tergolong cukup mudah. Sebab segala prosedurnya mulai dari izin buka usaha hingga penjualan sudah tersusun secara detail dan sistematis.

CEO & Founder Sour Sally Group Donny Pramono le membeberkan ada 4 kriteria yang harus diperhatikan ketika ingin membuka bisnis franchise yang ideal.

"Pertama adalah produk. Produk yang dijual harus oke, harus unik, dan bisa diterima tastenya untuk para calon customer yang ingin dituju," ujarnya dalam ShopeePay Talk bertajuk Sukses di Tahun 2021 Lewat Bisnis Franchise yang disiarkan secara virtual, Rabu (27/1/2021).

Baca juga: Lebih dari Rp 1.000 Triliun Investasi Belum Terealisasi, Ini Langkah BKPM

Lalu yang kedua adalah secara brand atau awareness. Menurut dia, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan brand yang dimiliki, dibutuhkan juga brand marketing ataupun dengan menggelar promo.

"Selain menggunakan medsos, endorsment ataupun berpartner dengan influencer terkenal, bisa juga menggelar promo supaya brand kita cepat terkenal dan populer," jelasnya.

Ketiga adalah pengalaman manajemen. Dia bilang dalam membuka usaha franchaise, Standard Operating Procedure (SOP) harus bisa dibuat sesimpel mungkin agar bisa terintegrasi dengan semua sistem. Selain itu mitra yang ingin bekerja sama pun juga lebih terbantu apabila SOP yang dibuat tidak terlalu susah.

Sementara yang keempat adalah hitung-hitungan yang harus masuk akal. Jumlah produk yang harus dijual dalam seharinya dan biaya sewa tenant harus dihitung.

Baca juga: Luhut Harap Pembangunan Tol Trans Sumatera Rampung Awal 2024

Apabila hitung-hitungannya masih masuk akal, maka bisa dipastikan bisnis franchisenya cukup ideal. Namun apabila jumlah biaya sewa dan jumlah orderan perhari yang dijual terbilang enggak masuk akal, akan susah berkembang.

"Ini yang menjadi acuan buat teman-teman yang ingin memfranchaisekan sebuah bisnis ataupun membisniskan franchaisenya. Kalau memang mau membuka bisnis franchaise ataupun sebaliknya, pastikan terlebih dahulu apakah brand Anda sudah memenuhi kriteria tersebut atau belum," jelas dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X