Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Bisnis Bisa Bertahan dan Berkembang, Ini Kuncinya

Kompas.com - 29/01/2021, 06:56 WIB
Elsa Catriana,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir semua orang ingin bercita-cita memiliki usaha atau ingin menjadi wirausahawan.

Namun, tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara agar memiliki bisnis yang maju, bertahan, dan berkembang.

Founder Biznis.id Budi Satria Isman mengatakan, kunci agar bisnis bisa bertahan dan berkembang yaitu harus bisa membaca peluang.

Baca juga: Lewat Platform Ini, UMKM Bisa Belajar Mengembangkan Bisnis Secara Digital

"Ini merupakan business skill yang paling utama. Ada ide bagus tapi enggak bisa mengeksekusi, maka jadinya nol. Selain itu, harus punya mimpi besar dan mengembangkan bisnis yang berkelanjutan," ujar Budi saat press launch Biznis.id, Kamis ( 28/1/2021).

Menurut Budi, kejelian dalam membaca peluang dapat membuat sebuah bisnis bertahan.

Walaupun seiring berjalannya waktu, banyak persaingan yang sering sekali datang dari para pemain lain.

"Kalau kita lihat atau cari, pasti ada ekosistemnya, agar lebih mudah belajar dari sana. Anak-anak sekarang lebih suka cari dari Google, tapi itu tidak cukup, yang penting belajar dari orang yang sudah punya pengalaman. Agar bisa mencoba sendiri," kata Budi.

Oleh karena itu, lanjut dia, hal fundamental yang harus dimiliki sebagai wirausahawan adalah bisa dan mau mendalami business skill-nya.

Baca juga: Agar Cuan di 2021, ShopeePay Talk Ajak Pelaku Usaha Lirik Peluang Bisnis Franchise

Dia juga menjelaskan pembelajaran mengenai peningkatan skill untuk dunia bisnis, dapat dipelajari secara digital melalui platform Biznis.id.

Platform pembelajaran bisnis secara digital ini bisa memberikan bimbingan mengenai pembentukan dan pengembangan bisnis yang disampaikan oleh para mentor yang merupakan praktisi berpengalaman dan terkemuka di bidang bisnis.

Selain itu, akan ada beragam kelas pembelajaran yang akan dihadirkan mulai dari fundamental bisnis seperti Smart Business Map dan Value Creation sampai dengan bidang spesifik.

Lalu ada juga materi mengenai Finance & Human Capital yang membahas seputar Managing Working Capital, Cashflow Management, Understanding Financial Report, Smart Interview, Coaching Skills, dan masih banyak lainnya.

"Harapannya, melalui platform ini, para UMKM di Indonesia bisa memiliki business skill yang baik sehingga dapat berkembang dan memiliki bisnis yang profitable dan sustainable," ungkap Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com