Jeff Bezos Akan Mundur dari Jabatan CEO Amazon, Siapa Penggantinya?

Kompas.com - 03/02/2021, 07:13 WIB
Pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos. SHUTTERSTOCK/Lev RadinPendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos.
Penulis Mutia Fauzia
|

NEW YORK, KOMPAS.com - Jeff Bezos bakal meninggalkan posisi sebagai CEO Amazon. Dilansir dari CNBC, Rabu (3/2/2021), posisi Bezos tersebut akan digantikan oleh salah satu petinggi Amazon, Andy Jassy, sementara Bezos akan beralih sebagai anggota dewan komisaris.

Bezos mendirikan Amazon pada tahun 1994. Sejak saat itu, dia mengubah Amazon dari hanya pemasar buku menjadi riteler raksasa dengan jangkauan global yang tak hanya melayani belanja, namun juga layanan streaming.

Di bawah kepemimpinan Bezos, Amazon berhasil mencapai kapitalisasi pasar 1 triliun dollar AS pada Januari tahun lalu. Dan kini, nilai kapitalisasi pasar Amazon menyentuh 1,6 triliun dollar AS.

Baca juga: Pembebasan Pajak dan Angin Segar untuk Para Karyawan

Rencana suksesi Amazon sendiri selama ini tak terendus oleh media. Meski demikian, banyak pihak telah berspekulasi, Jassy atau Jeff Wike yang merupaan CEO dari bisnis konsumer Amazon, bakal menjadi penerus Bezos.

Pada Agustus 2020, Amazon sempat mengatakan Wike bakal pensiun tahun ini.

Adapun Jassy bergabung dengan Amazon pada tahun 1997 dan telah memimpin tim cloud dari layanan Web Service milik Amazon (AWS).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

AWS hingga saat ini menjadi salah satu penyumbang utama pendapatan Amazon.

"Saya bergembira untuk mengumumkan pada kuartal III saya akan berpindah sebagai Ketua Eksekutif dalam jajaran komisaris Amazon, dan Andy Jassy akan menjadi CEO," jelas Bezos dalam suratnya kepada karyawan.

Baca juga: Pasang Panel Surya, Berapa Lama Bisa Balik Modal?

"Di dalam peran saya sebagai komsiaris, saya akan fokus menggunakan energi dan perhatian saya untuk beragam produk baru dan inisiatif. Andy sudah dikenal oleh perusahaan dan telah bersama dengan Amazon sepanjang saya berada di sini. Dia akan menjadi pemimpin yang baik, dan saya percaya terhadapnya," sambung Bezos.

Berita tersebut muncul bersamaan dengan laporan keuangan Amazon yang untuk pertama kalinya mencetak pendapatan 100 miliar dollar AS dalam satu kuartal.

Sementara AWS, yang berada di bawah kepemimpinan Jassy mencetak pertumbuhan pendapatan sebesar 28 persen pada kuartal IV tahun lalu. Sebanyak 52 persen pendapatan operasional Amazon didapatkan dari AWS per Oktober 2020.

Baca juga: Bio Farma Akan Langsung Olah Bahan Baku Vaksin dari Sinovac

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.