Pasang Panel Surya, Berapa Lama Bisa Balik Modal?

Kompas.com - 03/02/2021, 05:52 WIB
Ilustrasi pemasangan panel surya Dok. Humas Ditjen EBTKEIlustrasi pemasangan panel surya
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Biaya pemasangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap atau panel surya yang dinilai masih cukup mahal, menjadi salah satu alasan banyak orang masih berpikir dua kali untuk menggunakan sumber listrik ramah lingkungan itu.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, rata-rata harga panel surya berkapasitas 1 kilowatt peak (kWp) berkisar Rp 15 juta hingga Rp 17 juta.

“Harga PLTS atap sangat bervariasi tergantung merek dan kualitas,” ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (2/2/2021).

Baca juga: Bio Farma Akan Langsung Olah Bahan Baku Vaksin dari Sinovac

Meskipun demikian, pengguna panel surya dengan sistem on grid atau terhubung sistem kelistrikan PT PLN (Persero) dapat balik modal dalam waktu beberapa tahun, dari penghematan tagihan yang diterima.

Dadan menjelaskan, panel surya berkapasitas 1 kWp dapat menghasilkan listrik sebesar 4 kilowatt hour (kWh) per harinya, sehingga dalam kurun waktu satu bulan listrik yang dihemat mencapai sekitar 120 kWh.

Jika diasumsikan tarif listrik sebesar Rp 1.444 per kWh, maka dalam kurun waktu satu bulan tagihan yang dihemat sebesar Rp 173.280, dan selama setahun sebesar Rp 2,09 juta.

“Biaya investasi akan kembali sekitar 7 tahun,” kata Dadan.

Lebih lanjut Dadan menyebutkan, saat ini rata-rata panel surya memiliki umur beroperasi hingga 25 tahun.

Baca juga: Ini Kronologi Korupsi Asabri yang Merugikan Negara Rp 23,7 Triliun

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X