[TREN EDUKASI KOMPASIANA] Kampus Merdeka Melawan "Employee Mindset" | Bullying di Sekolah | Pendidikan Plagiarisme dalam Kurikulum

Kompas.com - 11/02/2021, 04:13 WIB
Ilustrasi profesor, wisuda ShutterstockIlustrasi profesor, wisuda

KOMPASIANA---Kampus Merdeka yang resmi baru saja diluncurkan pada Selasa (9/2/2021) yaitu Kampus Mengajar 2021 dibuat agar para mahasiswa dapat magang mengajar di sana.

Dalam pembukaan tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan supaya mahasiswa bisa mengajar adik-adik Sekolah Dasar (SD) selama 12 minggu di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar).

Apalagi selama pandemi covid-19 ini banyak sekali pelajar yang terdampak dan orangtua yang mengawasi pembelajaran jarak jauh kesulitan.

Oleh karena itu, harapannya bagi mahasiswa dalam program Kampus Merdeka ini bisa lebih mengasah kepemimpinan dan kematangan sosial.

Akan tetapi masih ada yang masalah yang dihadapi, seperti 'employee mindset' dikalangan banyak mahasiwa selama ini.

Berikut 5 konten terpopuler dan menarik di Kompasiana pada rubrik Edukasi:

1. Mampukah Kampus Merdeka Melawan "Employee Mindset" di Kalangan Mahasiswa?

Kompasianer Yupiter Gulo melihat, dengan beban belajar yang memuat hingga 147 SKS bagi strata-1 dengan durasi paling cepat 4 tahun, program Merdeka Belajar itu tidaklah mudah.

Terlebih, ada masalah yang sesungguhnya tampak: employee mindset di kalangan mahasiswa.

"Menargetkan agar mahasiswa setelah lulus tidak lagi sibuk mencari pekerjaan, tetapi sibuk menciptakan peluang kerja. Bukan sibuk mencari gaji bulanan tetapi concern memberikan gaji kepada karyawan," tulis Kompasianer Yupiter Gulo.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X