Rupiah Melemah Rabu Pagi, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 17/02/2021, 09:53 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS melemah di pasar spot pagi ini, Rabu (17/2/2021).

Melansir Bloomberg, rupiah pada pukul 09.15 WIB berada pada level Rp 13.980 per dollar AS atau melemah 0,36 persen (50 poin) dibandingkan dengan penutupan sebelumnya Rp 13.930 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, pelemahan rupiah pagi ini terjadi mengikuti sentimen pelemahan mata uang regional.

Pelemahan mata uang regional terjadi akibat kenaikan yield obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun yang sudah menembus 1,32 persen pada perdagangan kemarin dan ini merupakan level tertinggi sejak Maret 2020.

“Rupiah berpotensi melemah terhadap dollar AS hari ini mengikuti sentimen pelemahan mata uang regional karena meningginya tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS. Yield yang meninggi ini memicu penguatan dollar AS,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: IHSG Melaju di Zona Merah Pagi Ini

Arisron mengatakan, kenaikan yield tersebut kemungkinan karena optimisme pasar terhadap prospek pemulihan ekonomi AS dengan dukungan program stimulus fiskal besar pemerintah.

Selain itu, revisi penurunan target pertumbuhan PDB Indonesia 2021 juga mampu mendorong pelemahan nilai tukar rupiah.

“Tapi di sisi lain, optimisme pemulihan ekonomi global belakangan ini mungkin bisa menahan pelemahan rupiah terhadap dollar AS hari ini,” jelas dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 13.900 per dollar AS sampai dengan Rp 14.000 per dollar AS.

Baca juga: Hari Ini, Harga Emas Antam Anjlok Rp 13.000



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X