Kompas.com - 10/03/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi listrik SHUTTERSTOCKIlustrasi listrik
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan untuk kembali memperpanjang pelaksanaan stimulus diskon tarif listrik, bagi pelanggan golongan 450 volt ampere (VA) dan 900 VA subsidi, hingga Juni 2021. Bantuan untuk pandemi Covid-19 ini telah dilaksanakan sejak April tahun lalu.

Meskipun kebijakan diskon tarif listrik terus diperpanjang, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menegaskan, stimulus ini sifatnya hanya sementara. Keputusan perpanjangan stimulus terus diambil pemerintah melihat kondisi perekonomian yang bleum pulih sepenuhnya.

"Ini bantuannya bersifat sangat sementara, tidak berupa sesuatu yang permanen ke depannya," ujarmya dalam konferensi pers virtual, dilansir Rabu (10/3/2021).

Baca juga: Diskon Tarif Listrik Diperpanjang, Pemerintah Gelontorkan Rp 1,88 Triliun

Walaupun belum bisa memastikan kapan stimulus ini berakhir, Rida berharap, diskon tarif listrik dapat berakhir pada paruh pertama tahun ini, atau Juni mendatang. Ini selaras dengan terus dilaksanakannya program vaksinasi untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

"Mudah-mudahan segera berlalu. Kami berharap sampai semester I, dengan vaksinasi mudah-mudahan pandemi akan segera berlalu," ujar dia.

Saat ini, pemerintah telah melihat, perekonomian nasional mulai berada dalam tren pemulihan. Oleh karenanya, pada pelaksanaan stimulus April hingga Juni mendatang, besaran diskon tarif listrik dipangkas masing-masing sebesar 50 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan demikian, diskon tarif listrik untuk pelanggan golongan 450 VA yang sebelumnya sebesar 100 persen, kini hanya menjadi 50 persen. Sementara itu, bagi pelanggan golongan 900 VA, yang semula mendapat diskon 50 persen, kini hanya menjadi 25 persen.

"Perekonomian mulai tumbuh, jadi ini bisa kita longgarkan dulu beban APBN," ucapnya.

Baca juga: PLN Beri Diskon Tambah Daya Listrik, Ini Cara Mendapatkannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.