Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Tahan Suku Bunga Acuan, Rupiah Ditutup Menguat

Kompas.com - 18/03/2021, 16:04 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot menguat hari ini, Kamis (18/3/2021).

Melansir Bloomberg, rupiah ditutup menguat 18 poin (0,12 persen) di level Rp 14.410 per dollar AS dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.427 per dollar AS.

Direktur TFRX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, pergerakan rupiah hari ini terdorong oleh sentimen ketetapan Bank Indonesia untuk mempertahankan suku bunga acuan di level 3,5 persen.

“Bank Indonesia dalam pertemuan siang ini tetap mempertahankan suku bunga acuan di 3,5 persen karena kondisi perekonomian yang terus stabil dan penanganan Covid-19 yang cukup progresif sehingga penurunan pasien Covid-19 terus mengalami penurunan dan ekonomi sudah kembali menggeliat,” kata Ibrahim dalam siaran pers.

Baca juga: BI Pertahankan Suku Bunga, IHSG Menguat 1,12 Persen

Ibrahim mengatakan, sejak awal tahun lalu, Bank Indonesia sudah memangkas suku bunga acuan sebanyak 150 basis poin (bps). Kini, suku bunga acuan berada di titik terendah sepanjang sejarah.

Penguatan rupiah juga dipengaruhi oleh indeks dollar AS yang telah mencapai level terendah selama dua pekan.

Sebelumnya, dalam pidato Gubernur The Fed Jerome Powell yang meredam spekulasi prospek ekonomi yang lebih kuat, sehingga berpotensi mendorong bank sentral untuk menarik kembali stimulusnya.

“Powell juga mengisyaratkan untuk tidak terburu-buru untuk menaikkan suku bunga sepanjang tahun 2021 bahkan ketika melihat pemulihan yang cepat terjadi di AS,” ujar dia.

Selain itu, Bank of Japan (BOJ) diperkirakan akan sedikit memperlebar kisaran implisit yang suku bunga jangka panjang sekitar 0 persen. Sementara Bank of England diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuan pada level terendah bersejarah 0,1 persen dan program pembelian obligasi yang tidak berubah.

Baca juga: Pasar Global Bergejolak, BI Tahan Suku Bunga Acuan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com