Asosiasi Digital Pilih SimilarWeb sebagai Standar Pengukuran Audiens di Indonesia

Kompas.com - 31/03/2021, 20:34 WIB
Kompas.com peringkat pertama Top 5 situs berita Indonesia Tangkap Layar Laman Similiarweb.comKompas.com peringkat pertama Top 5 situs berita Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Digital Indonesia atau Indonesian Digital Association (IDA) memilih perusahaan pengukuran audiens digital, SimilarWeb, menjadi pemenang pada kegiatan pemilihan standar pengukuran online untuk industri digital Indonesia.

Hal itu diperoleh SimilarWeb setelah melalui proses seleksi selama beberapa bulan.

Ketua IDA, Dian Gemiano mengungkap, Similarweb akan dijadikan sebagai acuan proses pengukuran online audience di Indonesia. Penetapan pemenang ini juga telah disesuaikan dengan situasi industri digital Indonesia.

“Kami memastikan pengukuran performa produk dalam ekosistem digital memiliki akurasi data dan kemampuan teknologi mumpuni sehingga pelaku usaha Indonesia bisa berkompetisi di kancah global," kata Dian dalam siaran pers, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: China Bakal Rilis Yuan Digital, Layanan Cadangan untuk AliPay dan WeChat

Dian mengatakan, pengukuran online audience untuk dapat memahami perilaku konsumen menjadi hal yang dibutuhkan oleh para pelaku industri periklanan digital di Indonesia.

Indonesia terbukti memiliki populasi digital terbesar di Asia Tenggara yang akan berkontribusi sebanyak 52 persen dari ekonomi digital Asia Tenggara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai upaya untuk mendukung industri digital, (IDA) menetapkan standarisasi pengukuran perilaku digital di Indonesia agar seluruh pemangku kepentingan di industri periklanan digital Indonesia memiliki satuan ukuran yang sama dengan metodologi yang dapat dipertanggung jawabkan.

"Selain itu penting juga agar platform pengukuran perfoma produk digital ini bisa diterima oleh seluruh stakeholder periklanan digital Indonesia. Untuk itu, IDA juga melibatkan P3I, APPINA dan AAPAM sebagai stakeholder utama," papar Dian.

Baca juga: Lampaui Jakarta, Kota-kota Ini Bakal Jadi Kontributor Utama Ekonomi Digital Indonesia

Adapun penetapan standar pengukuran online (Online Measurement Standar) telah berhasil IDA lakukan melalui rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 18 Januari 2021 sampai dengan 18 Maret 2021.

Kegiatan ini merupakan ajang proses pemilihan metode dan teknologi yang digunakan untuk memahami perilaku konsumen melalui pengukuran online audience.

Pada kegiatan ini, terdapat 2 lembaga pengukuran yang berpartisipasi, yaitu Similarweb dan Comscore. Keduanya merupakan lembaga pengukuran digital yang hadir di Indonesia.

"Lembaga-lembaga tersebut telah mengikuti beberapa tahap seleksi seperti mengirimkan materi presentasi kepada IDA, melakukan presentasi, hingga tahap pitching oleh IDA," tutur Dian.

Baca juga: Pelaku UMKM, Yuk Manfaatkan Fitur dan Program dari E-Commerce untuk Percepat Transformasi Digital

SimilarWeb konsisten merilis peringkat situs web di Indonesia setiap bulannya. Di Indonesia sendiri, Similarweb dipercaya sebagai platform pengukuran online untuk menganalisa traffic sebuah website.

Traffic ini merupakan jumlah data yang dikirimkan dan diterima oleh pengunjung pada sebuah website. Perusahaan akan mengetahui jumlah pengunjung yang mengunjungi website suatu perusahaan.

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.