KILAS

Pembangunan Bifrost Jadi Bukti Nyata TelkomGroup Jaga Kedaulatan NKRI

Kompas.com - 31/03/2021, 20:47 WIB
Sistem komunikasi kabel laut (SKKL) atau Bifrost adalah proyek Telkom melalui Telin, bersama Keppel T&T melalui anak perusahaannya Keppel Midgard Holdings Pte. Ltd. (KMH) dan Facebook. DOK. Humas Telkom Sistem komunikasi kabel laut (SKKL) atau Bifrost adalah proyek Telkom melalui Telin, bersama Keppel T&T melalui anak perusahaannya Keppel Midgard Holdings Pte. Ltd. (KMH) dan Facebook.

KOMPAS.com – Direktur Wholesale and International Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Dian Rachmawan mengatakan, sistem komunikasi kabel laut (SKKL) atau Bifrost merupakan bukti nyata TelkomGroup dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam bisnis kabel laut.

“TelkomGroup melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) berinvestasi dan menjadi anggota konsorsium kabel laut Bifrost bersama anak perusahaan Facebook Inc. (Facebook) dan Keppel Telecommunications & Transportation Limited (Keppel T&T) ,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Rabu (31/3/2021).

Dian mengungkapkan, TelkomGroup bukan sekedar menjadi mitra untuk berlabuh atau landing party SKKL Bifrost.

Ia mengaku, pihaknya telah berinvestasi dan memiliki hak suara di konsorsium. Bahkan, segmen SKKL yang berlabuh ke Jakarta dimiliki 100 persen oleh Telin.

Baca juga: Tahun Ini, Telin Klaim Pendapatan Naik 40 Persen

“Saya berharap dengan pengaturan tersebut akan menjadi milestone kerja sama antara operator telekomunikasi dengan over the top (OTT) seperti Facebook dalam membangun infrastruktur telekomunikasi,” imbuh Dian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, lanjut dia, pembangunan tersebut tetap harus memperhatikan kepentingan dan kedaulatan NKRI dalam beberapa aspek.

Mulai dari aspek keamanan, ekonomi (pajak dan penerimaan negara bukan pajak ((PNBP)), serta menjaga kompetisi yang sehat dalam industri telekomunikasi.

Seperti diketahui, Telkom melalui Telin, bersama Keppel T&T melalui anak perusahaannya Keppel Midgard Holdings Pte. Ltd. (KMH) dan Facebook akan membangun sistem komunikasi kabel laut penghubung antara Indonesia, Singapura dan Amerika secara langsung.

Baca juga: Telkom Pastikan Jaringan IndiHome Tidak Terganggu Kabel Laut yang Putus

SKKL yang diberi nama Bifrost memiliki panjang lebih dari 15.000 kilometer (km) dan diharapkan selesai pada awal 2024.

TelkomGroup menjelaskan, SKKL Bifrost akan menjadi kabel laut dengan transmisi berkecepatan tinggi saat beroperasi secara penuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.