Kompas.com - 01/04/2021, 19:45 WIB
Ilustrasi Startup SHUTTERSTOCKIlustrasi Startup

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 23 startup asal Indonesia akan tampil di pameran teknologi industri asal Jerman, Hannover Messe 2021. Pameran terbesar di dunia itu akan berlangsung pada 12-16 April 2021 secara digital.

Para peserta itu merupakan startup yang lolos seleksi program Startup4industry yang dicanangkan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Adapun total ada 63 peserta startup dari berbagai dunia yang akan tampil di Hannover Messe 2021.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Indonesia sebagai partner country dalam pameran internasional tersebut, akan menunjukkan transformasi ekonomi melalui Making Indonesia 4.0.

Menurut dia, dengan banyaknya startup karya anak bangsa yang tampil di Hannover Messe 2021 menunjukkan kemampuan Indonesia di kancah internasional.

Baca juga: 2,1 Juta Ton Pupuk Subsidi Disiapkan untuk 6 Minggu ke Depan

"Ini memperlihatkan bahwa kualitas program Startup4industry mampu menghantarkan para startup untuk tampil di ajang global," ujar Agus dalam peluncuran program Startup4industry 2021 secara virtual, Kamis (1/4/2021).

Program Startup4industry sudah berlangsung sejak 2018 yang diluncurkan Presiden Joko Widodo. Prorgam ini merupakan bagian dari strategi transformasi industri menjadi lebih modern dengan memanfaatkan solusi teknologi dari tech startup Indonesia.

Agus berharap, program Startup4industry bisa menjawab kebutuhan industri dan masyarakat, sehingga akan timbul multiplier effect terutama pada sektor industri prioritas dalam Making Indonesia 4.0 yaitu otomotif, elektronik, makanan & minuman, tekstil, kimia, alat kesehatan, dan farmasi.

"Harapannya semakin banyak startup yang membantu industri transformasi dengan cepat sehingga industri nasional memiliki keunggulan dan daya saing yang tinggi," jelasnya.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin Gati Wibawaningsih menambahkan, program Startup4Industry 2021 memiliki serangkaian kegiatan yang akan berlangsung hingga Desember 2021.

Baca juga: BI Masih Buka Peluang Turunkan Suku Bunga Acuan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X