KILAS

Kemnaker Bersama Kemendes dan UNISA Berdayakan Masyarakat Desa, Ini Tiga Poin Kerja Samanya

Kompas.com - 01/04/2021, 17:55 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan sambutan dalam agenda penandatanganan nota kesepahaman antara Kemnaker, Kemendes dan UNISA Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, pada Kamis (1/4/2021). Dok. Humas Kementerian KetenagakerjaanMenteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan sambutan dalam agenda penandatanganan nota kesepahaman antara Kemnaker, Kemendes dan UNISA Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, pada Kamis (1/4/2021).

KOMPAS.com – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

Adapun kerja sama terkait pemberdayaan ketenagakerjaan bagi masyarakat desa tersebut dilaksanakan di Sidoarjo, Jawa Timur, pada Kamis (1/4/2021).

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah dalam sambutannya menjelaskan, terdapat tiga poin kerja sama yang disepakati melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kemnaker, Kemendes dan UNISA.

Poin pertama, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel diperkenankan memilih Desa-desa Migran Produktif (Desmigratif) sebagai lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Baca juga: Sekjen Kemnaker Sebut Perkembangan Industri Harus Diimbangi dengan Sistem Penempatan Kerja yang Tepat

Ia berharap, perguruan tinggi, dalam hal ini UINSA, dapat memperkuat empat pilar yang ada di desmigratif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Empat pilar yang dimaksud adalah pusat layanan imigrasi, kegiatan usaha produktif untuk memberikan edukasi awal tata kerja bekerja di luar negeri, community parenting untuk anak-anak pekerja migran, dan pembentukan koperasi Desmigratif.

Kemudian poin kerja sama kedua adalah meningkatkan kompetensi masyarakat desa melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas.

“Kami juga berharap UINSA mengambil bagian dalam memperkuat dan meningkatkan kompetensi pesantren dan masyarakat di sekitar pesantren, yang notabene berada di desa," ucap Menaker dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima pada Kamis.

Baca juga: Kemendes PDTT: Hampir Seribuan Desa Wisata Ikut Pelatihan Virtual Tour

Selanjutnya, poin ketiga adalah perluasan kesempatan kerja.

Salah satu tujuan kerja sama Kemnaker dengan UNISA adalah untuk melahirkan entrepreneur atau wirausahawan yang menjadi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X