Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.500 Pelaku UKM Akan Divaksinasi

Kompas.com - 01/04/2021, 17:08 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mulai memberikan vaksinasi kepada para pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Pembukaan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pelaku UKM ini berlangsung pada hari ini Kamis, (1/4/2021) di di Ciputra Artpreneur Jakarta.

Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki mengatakan, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Grup Ciputra yang telah berperan aktif dalam membantu pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Baca juga: Menkop Teten: Pelaku UKM di Daerah Bakal Mendapat Vaksinasi

Keterlibatan pihak swasta dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini akan memperluas jangkauan penerima vaksin secara nasional.

“Bagi Kementerian Koperasi dan UKM, para pelaku UKM ini menjadi salah satu sasaran penerima vaksin prioritas. Dengan menerima vaksinasi, maka pelaku UKM akan terlindungi, sehingga bisa kembali menjalankan roda bisnis mereka. Kalau roda bisnis pelaku UKM bergerak kembali, niscaya perekonomian Indonesia akan menggeliat dan cepat pulih,” ujar Teten dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Sementara itu, Managing Director Grup Ciputra Budiarsa Sastrawinata menambahkan, sebanyak 1.500 pelaku UKM ditargetkan menerima vaksinasi pada 1 April 2021, dan kemudian sisanya pada 5 April 2021.

Secara umum, targetnya adalah para pelaku UKM yang berada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga: BEI Gelar Vaksinasi Untuk Pelaku Perbankan dan Pasar Modal, Frontliner Jadi Prioritas

“Kategori UKM ini adalah semua kelompok pengusaha berskala kecil dan menengah, yang berada di pusat perbelanjaan dan kawasan-kawasan perdagangan di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Sesuai arahan pemerintah, pelaksanaan vaksinasi bagi pelaku UKM ini diharapkan bisa mempercepat pemulihan perekonomian RI,” kata Budiarsa.

Direktur Ciputra Hospital CitraGarden City Jakarta yang juga Penyelenggara Sentra Vaksin Ciputra World 1 Jakarta Irwan S Hermawan menambahkan, program vaksinasi yang dilakukan oleh Ciputra Hospital dengan bertempat di Ciputra Artpreneur Jakarta, sebelumnya telah dilangsungkan bagi Lansia dan Guru.

Vaksinasi tersebut telah berlangsung sejak 26 Maret telah memvaksin 3.767 orang guru dan lansia.

Sebelumnya, Ciputra Hospital juga telah memberi dukungan kepada pemerintah dalam melaksanakan program vaksinasi Covid-19 bagi Lansia yang berdomisili di Kabupaten Tangerang dan sekitarnya dengan bertempat di Mal Ciputra Tangerang.

Baca juga: Airlangga: Pemerintah Akan Mengakselerasi Vaksinasi untuk Pulihkan Kepercayaan Publik

Kegiatan pada 16-27 Maret 2021 tersebut didukung oleh tenaga medis di rumah sakit Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang.

“Vaksinasi bagi Lansia di Mal Ciputra Tangerang telah berlangsung dengan lancar, dan sekarang program ini dilanjutkan di Ciputra Artpreneur Jakarta dengan sasaran diperluas tidak hanya bagi lansia, dan para guru, namun juga pelaku UKM,” kata Irwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com