Kompas.com - 06/04/2021, 12:37 WIB
Cara Buat Akun Kartu Prakerja KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoCara Buat Akun Kartu Prakerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja mengatakan, pembukaan pendafaran gelombang 17 dilakukan bila ada status kepesertaan Kartu Prakerja yang dicabut.

Untuk itu saat ini, PMO masih menunggu laporan terkait status kepesertaan dari anggota gelombang 12 hingga gelombang 16 yang telah dibuka.

"(Pendaftaran) Gelombang ke-17 dibuka saat ada status kepesertaan gelombang 12-16 yang dicabut," Kata Louisa kepada Kompas.com, Selasa (6/4/2021).

 Baca juga: Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 Dibuka? Ini Kata PMO

Louisa menyebut, kepesertaan Kartu Prakerja bisa dicabut karena beberapa hal.

Untuk diketahui, kepesertaan peserta Kartu Prakerja bakal dicabut bila tidak membeli pelatihan pertama selama 30 hari setelah mendapatkan notifikasi diterima sebagai peserta.
Untuk masa pembelian pelatihan pertama bagi peserta gelombang 12 telah habis pada 1 April 2021 lalu. Namun demikian, Louisa belum mengungkapkan jumlah peserta yang ditarik kepesertaannya dari gelombang 12 tersebut.

"Waktunya 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja. Ini adalah amanat Permenko 11 tahun 2020," sebut Louisa.

Sebelumnya Louisa juga menjelaskan, keberlanjutan program setelah kuota terpenuhi akan menunggu kepastian anggaran. Sebab, total anggaran yang sudah definitif adalah sebesar Rp 10 triliun. Jumlah tersebut dialokasikan pada semester I ini dengan 2,7 juta peserta. Sementara anggaran total Rp 20 triliun yang sebelumnya sempat disebutkan masih indikatif.

"Kami masih menunggu arahan yang definitif," jelas dia.

Baca juga: [KLARIFIKASI] Prakerja Gelombang 17 Akan Dibuka Pertengahan Tahun

Persyaratan

Bagi Anda yang berminat mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 17, maka terlebihdahulu harus memenuhi persyaratan pendaftaran.

Adapun syarat pendaftaran tersebut yakni:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X