Catat, Hari Belanja Brand Lokal Digelar Mei 2021

Kompas.com - 15/04/2021, 22:02 WIB
Ilustrasi belanja online Dok. Shutterstock/SushimanIlustrasi belanja online
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Hypefast bersama Kementerian Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), akan menggelar Hari Belanja Brand Lokal (HBBL) 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, HBBL merupakan kampanye yang melibatkan brand lokal tanah air untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia dalam membeli, menggunakan dan bangga akan produk lokal.

“Saya mendukung penuh berbagai inisiatif yang dapat mendukung brand lokal untuk terus berkembang dan menguatkan dengan terus mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi. HBBL ini sudah mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pionir dalam ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia,” kata Sandiaga dalam virtual konferensi, Kamis (15/4/2021).

Ia mengatakan, HBBL 2021 akan memberikan berbagai penawaran yang menarik. Oleh karena itu, diharapkan masyarakat bisa berkontribusi untuk meningkatkan penjualan produk lokal.

Dalam acara HBBL tahun lalu, sebanyak 1.152 brand lokal ikut berkontribusi, diantaranya Brodo, Monomom, Ria Miranda, Torch, Wearstatuquo, Cotton Ink, Sparse, Motiviga, Soleram, Sabine and Heem, Nona.

Sementara HBBL 2021 menargetkan total 2.000 brand lokal yang akan bergabung.

Baca juga: Pakai Aplikasi Ini, Transfer Uang Antar Bank Bisa Bebas Biaya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Hypefast, Tinton Ardian mengatakan. Hypefast sebagai perusahaan yang fokus dalam memberikan investasi kepada brand lokal melihat HBBL tahun lalu sebagai bukti potensi brand lokal begitu besar.

“Selama ini kami telah melakukan investasi ke 15 brand dan merencanakan untuk menambah hingga menjadi 50 brand di tahun 2021 ini. Dengan investasi mulai Rp 10-100 miliar di tiap brand. Ini adalah komitmen dan vote of confidence kami untuk brand lokal tanah air,” kata Ardrian.

HBBL diharapkan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan para pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif. Apalagi dengan kondisi perekonomian saat ini, produk dari brand lokal dinilai harus lebih diutamakan karena dengan meningkatnya pendapatan brand lokal, otomatis membantu meningkatkan perekonomian Indonesia.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM, Sutarmo mengatakan, HBBL dapat menjadi sarana untuk membangun relasi antara brand lokal Indonesia.

“Melalui kegiatan HBBL ini, kami melihat pertumbuhan yang signifikan untuk pelaku UMKM dan brand lokal, sehingga kami berharap pada tahun ini akan lebih banyak UMKM dan brand lokal yang turut aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ucap Sutarmo.

Bagi brand lokal yang ingin ikut HBBL dapat melakukan registrasi di website www.HBBL2021.com, mulai tanggal 15 April 2021 hingga 23 April 2021. HBBL 2021 akan berlangsung pada tanggal 5 Mei 2021.

Baca juga: BCA Bakal Luncurkan E-commerce Khusus Produk UMKM Lokal



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X