Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Hari Belanja Brand Lokal Digelar Mei 2021

Kompas.com - 15/04/2021, 22:02 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Hypefast bersama Kementerian Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), akan menggelar Hari Belanja Brand Lokal (HBBL) 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, HBBL merupakan kampanye yang melibatkan brand lokal tanah air untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia dalam membeli, menggunakan dan bangga akan produk lokal.

“Saya mendukung penuh berbagai inisiatif yang dapat mendukung brand lokal untuk terus berkembang dan menguatkan dengan terus mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi. HBBL ini sudah mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pionir dalam ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia,” kata Sandiaga dalam virtual konferensi, Kamis (15/4/2021).

Ia mengatakan, HBBL 2021 akan memberikan berbagai penawaran yang menarik. Oleh karena itu, diharapkan masyarakat bisa berkontribusi untuk meningkatkan penjualan produk lokal.

Dalam acara HBBL tahun lalu, sebanyak 1.152 brand lokal ikut berkontribusi, diantaranya Brodo, Monomom, Ria Miranda, Torch, Wearstatuquo, Cotton Ink, Sparse, Motiviga, Soleram, Sabine and Heem, Nona.

Sementara HBBL 2021 menargetkan total 2.000 brand lokal yang akan bergabung.

Baca juga: Pakai Aplikasi Ini, Transfer Uang Antar Bank Bisa Bebas Biaya

Direktur Hypefast, Tinton Ardian mengatakan. Hypefast sebagai perusahaan yang fokus dalam memberikan investasi kepada brand lokal melihat HBBL tahun lalu sebagai bukti potensi brand lokal begitu besar.

“Selama ini kami telah melakukan investasi ke 15 brand dan merencanakan untuk menambah hingga menjadi 50 brand di tahun 2021 ini. Dengan investasi mulai Rp 10-100 miliar di tiap brand. Ini adalah komitmen dan vote of confidence kami untuk brand lokal tanah air,” kata Ardrian.

HBBL diharapkan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan para pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif. Apalagi dengan kondisi perekonomian saat ini, produk dari brand lokal dinilai harus lebih diutamakan karena dengan meningkatnya pendapatan brand lokal, otomatis membantu meningkatkan perekonomian Indonesia.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM, Sutarmo mengatakan, HBBL dapat menjadi sarana untuk membangun relasi antara brand lokal Indonesia.

“Melalui kegiatan HBBL ini, kami melihat pertumbuhan yang signifikan untuk pelaku UMKM dan brand lokal, sehingga kami berharap pada tahun ini akan lebih banyak UMKM dan brand lokal yang turut aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ucap Sutarmo.

Bagi brand lokal yang ingin ikut HBBL dapat melakukan registrasi di website www.HBBL2021.com, mulai tanggal 15 April 2021 hingga 23 April 2021. HBBL 2021 akan berlangsung pada tanggal 5 Mei 2021.

Baca juga: BCA Bakal Luncurkan E-commerce Khusus Produk UMKM Lokal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com