Simak, Ini 10 Negara dengan Jumlah Orang Kaya Terbanyak di Dunia

Kompas.com - 17/04/2021, 07:20 WIB
Ilustrasi orang kaya, orang terkaya. Shutterstock/Harish MarnadIlustrasi orang kaya, orang terkaya.


JAKARTA, KOMPAS.com - Negara-negara kawasan Asia, utamanya Asia Timur, mendominasi daftar negara dengan populasi penduduk kaya terbanyak.

Untuk diketahui, Wealth-X baru saja mengeluarkan laporan mengenai orang kaya dunia yang masuk dalam kategori very high net worth (VHNW) individuals.

Orang yang masuk dalam kategori ini yakni mereka dengan kekayaan di kisaran 5 juta dollar AS atau Rp 72,5 miliar (kurs Rp 14.500) hingga 30 juta dollar AS atau Rp 435 miliar.

Baca juga: Mangkir, Orang Kaya AS Utang Pajak Rp 33,6 Triliun

Berdasarkan laporan Wealth-X, China, Jepang, dan Korea Selatan mencatatkan pertumbuhan jumlah orang kaya yang cukup signifikan bila dibanding negara lain.

Hal itu disebabkan oleh pengelolaan pandemi Covid-19 yang cenderung lebih baik dari negara lain di dunia.

Meski China mencatatkan pertumbuhan orang kaya yang lebih tinggi, yakni sebesar 9 persen, tetapi belum bisa menyaingi jumlah orang kaya di Amerika Serikat.

Pertumbuhan jumlah orang kaya di China sebagian besar karena didorong oleh proses pemulihan ekonomi dari dampak pandemi yang lebih cepat dibanding negara lain.

Hal serupa juga terjadi di Korea Selatan, di mana kenaikan nilai kekayaan sebagian besar dikarenakan pasar saham yang mengalami pemulihan pesat selama pandemi.

Baca juga: Total Harta Orang Kaya Dunia Merosot Rp 5.432 Triliun

Jumlah orang kaya di China pada tahun 2020, berdasarkan catatan Wealth-X mencapai 281.400 orang.

Sementara di Amerika Serikat, jumlahnya mencapai 1,045 juta orang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X