Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kelola 97 Persen Infrastruktur Gas Bumi, PGN Siapkan Infrastruktur Terintegrasi

Kompas.com - 20/04/2021, 08:42 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) selaku pengelola 97 persen infrastruktur gas bumi, tengah mempersiapkan infrastruktur gas bumi terintegrasi.

PGN menyiapkan infrastruktur gas bumi dengan dominan infrastruktur pipa di wilayah barat, serta dominan infrastruktur nonpipa di wilayah timur.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan melayani kebutuhan gas bumi dalam bentuk gas pipa, compressed natural gas (CNG), maupun liquified natural gas (LNG).

Adapun rencana tersebut merupakan bagian dari program Gasifikasi Nasional “Sapta PGN” yang berkomitmen melayani tujuh sektor pemakai gas bumi, dengan visi mengelola LNG terintegrasi ke wilayah pasar kawasan asia sampai internasional.

Baca juga: Jalin Kerja Sama dengan JPEN, PGN Berusaha Dorong Daya Saing Industri Jateng

Dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Selasa (20/4/2021), PGN menerangkan bahwa salah satu program Sapta PGN adalah PGN Sayang Ibu.

Program tersebut bertujuan untuk memberikan suplai gas bumi demi kebutuhan rumah tangga.

Sebagai informasi, pada 2021, PGN telah menjalankan tugas dari pemerintah untuk membangun 127.776 sambungan rumah (SR) jaringan gas (jargas), dengan memanfaatkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.

Selain melaksanakan tugas pemerintah, tahun ini PGN juga membangun jargas mandiri company owned, company operate (COCO) sebanyak 50.000 SR.

Baca juga: PGN Terus Lakukan Optimalisasi Pasar Eksisting dan Ekspansi Bisnis

Diharapkan, pembangunan tersebut dapat meningkatkan gas bumi di sektor rumah tangga, sehingga dapat mewujudkan upaya pemerataan energi yang efisien di berbagai wilayah.

Dengan demikian, PGN pun turut mendukung pemerintah untuk menekan impor energi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com