KILAS

Kelola 97 Persen Infrastruktur Gas Bumi, PGN Siapkan Infrastruktur Terintegrasi

Kompas.com - 20/04/2021, 08:42 WIB
Dokumentasi pembangunan proyek Perusahaan Gas Negara (PGN). Dok. Humas Perusahaan Gas NegaraDokumentasi pembangunan proyek Perusahaan Gas Negara (PGN).

KOMPAS.com – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) selaku pengelola 97 persen infrastruktur gas bumi, tengah mempersiapkan infrastruktur gas bumi terintegrasi.

PGN menyiapkan infrastruktur gas bumi dengan dominan infrastruktur pipa di wilayah barat, serta dominan infrastruktur nonpipa di wilayah timur.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan melayani kebutuhan gas bumi dalam bentuk gas pipa, compressed natural gas (CNG), maupun liquified natural gas (LNG).

Adapun rencana tersebut merupakan bagian dari program Gasifikasi Nasional “Sapta PGN” yang berkomitmen melayani tujuh sektor pemakai gas bumi, dengan visi mengelola LNG terintegrasi ke wilayah pasar kawasan asia sampai internasional.

Baca juga: Jalin Kerja Sama dengan JPEN, PGN Berusaha Dorong Daya Saing Industri Jateng

Dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Selasa (20/4/2021), PGN menerangkan bahwa salah satu program Sapta PGN adalah PGN Sayang Ibu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Program tersebut bertujuan untuk memberikan suplai gas bumi demi kebutuhan rumah tangga.

Sebagai informasi, pada 2021, PGN telah menjalankan tugas dari pemerintah untuk membangun 127.776 sambungan rumah (SR) jaringan gas (jargas), dengan memanfaatkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.

Selain melaksanakan tugas pemerintah, tahun ini PGN juga membangun jargas mandiri company owned, company operate (COCO) sebanyak 50.000 SR.

Baca juga: PGN Terus Lakukan Optimalisasi Pasar Eksisting dan Ekspansi Bisnis

Diharapkan, pembangunan tersebut dapat meningkatkan gas bumi di sektor rumah tangga, sehingga dapat mewujudkan upaya pemerataan energi yang efisien di berbagai wilayah.

Dengan demikian, PGN pun turut mendukung pemerintah untuk menekan impor energi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.