Tingkatkan Bisnis di China, DBS Akuisisi 13 Persen Saham Shenzen Rural Bank

Kompas.com - 21/04/2021, 15:46 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - DBS Bank Ltd telah mencapai kesempakatan untuk mengakuisisi 13 persen dari Shenzen Rural Commercial Bank Corporation Limited.

Dikutip dari keterangan tertulis mereka yang diterima Kompas.com, Rabu (21/4/2021), 13 persen saham Shenzen Rural Commercial Bank (SZRCB) tersebut senilai 5,29 juta yuan atau 1,08 juta dollar Singapura.

Atas aksi korporasi tersebut, DBS pun telah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Keuangan Singapura dan Komisi Regulator Asuransi dan Perbankan China.

Baca juga: DBS Indonesia Targetkan Dana Kelolaan Tumbuh 14 Persen pada 2021

"Investasi ini sejalan dengan strategi dari DBS Group untuk berinvestasi di negara-negara yang merupakan pasar utama dan mempercepat expansinya di pasar yang saat ini tumbuh pesat yaitu Greater Bay Area China," jelas CEO DBS Piyush Gupta dalam keterangan tertulisnya.

Dengan investasi tersebut harapannya dapat meningkatkan keberadaan DBS di China yang merupakan salah satu dari enam pasar utama mereka.

DBS akan mengakusisi 1,35 miliar saham baru dari SZRCB dengan harga 3,91 yuan per saham, merepresentasikan 1,01 kali nilai buku per saham dari SZRCB per tanggal 31 Desember 2020.

Baca juga: Kabar Induk Usaha Shopee Akuisisi Bank BKE, Bakal Jadi Bank Digital?

Setelah proses investasi ini selesai, DBS akan menjadi pemegang saham terbesar dari SZRCB dan akan memiliki perwakilan dalam dewan direksi dari SZRCB.

Dampak dari investasi ini akan kurang dari 0,2 poin persentase dari rasio kecukupan modal DBS group (CAR), dan diperkirakan untuk meningkatkan pendapatan dan Return on Equity (ROE) secara cepat.

Investasi ini akan didanai dari dana internal dan diperkirakan akan menyelesaikan proses investasi ini setelah medapatkan persetujuan dari China Securities Regulatory Commission (CSRC).

Baca juga: Ini Cara Transfer Saldo ke Digibank by DBS lewat Aplikasi Flip.id

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.