Kisah Nurhayati yang Menjadi "Kartini" di Keluarga dan Lingkungannya

Kompas.com - 21/04/2021, 14:58 WIB
Nurhayati, perempuan berusia 34 tahun pemilik Donat Kampar Galesong. Dokumentasi NurhayatiNurhayati, perempuan berusia 34 tahun pemilik Donat Kampar Galesong.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kartini masa kini bukanlah sosok Kartini yang berjuang ketika masa penjajahan. Namun, Kartini masa kini adalah kaum perempuan yang berjuang untuk menghadapi segalanya demi keluarganya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Nurhayati pemilik usaha kue yang terus berjuang melakukan berbagai hal agar bisa memenuhi kebutuhan keluarganya.

Nurhayati, perempuan berusia 34 tahun, memiliki tekat kuat untuk selalu mencoba hal baru dan ingin membantu banyak orang.

Baca juga: Makna Hari Kartini bagi Sri Mulyani: Membuka Kesempatan Perempuan Menikmati Pendidikan Tinggi

Berawal dari hobi, ia mewujudkan tekatnya dengan merintis usaha di bidang bakery pada tahun 2014. Produk pertama yang dipasarkan adalah brownies.

Namun, seperti yang dialami oleh para pengusaha pada umumnya, berbagai tantangan dihadapinya.

“Saya merintis usaha ini sendiri, mulai dari menyiapkan peralatan, memasak, memasarkan, hingga menjadi kurir. Berbagai tantangan telah saya lalui, salah satu yang pernah saya alami adalah saat saya mendapat pesanan brownies dan harus saya antarkan ke rumah pelanggan ketika hujan deras," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (21/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun ketika dia mencoba mengantar pesanan ketika hujan deras, pelanggan tersebut tak kunjung keluar, padahal tetangganya bilang bahwa customer-nya tersebut ada di rumah.

Akhirnya, karena merasa iba, tetangganya tersebutlah yang membeli brownies itu.

Baca juga: Mengintip Strategi Pengusaha Kuliner Raih Cuan Selama Pandemi

 

"Tidak lama dari kejadian ini, saya sakit dan harus dirawat di rumah sakit dan membuat suami saya meminta saya berhenti berjualan," ucapnya.

Tetap teguh dengan tekat yang dimiliki, perempuan lulusan SMA yang juga merupakan ibu rumah tangga ini mencari cara bagaimana agar konsumen bersedia langsung datang ke toko kuenya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X