Bentuk Pemasok Komponen Motor, Astra Bakal Bina 300 UMKM Tahun Ini

Kompas.com - 21/04/2021, 14:48 WIB
Menara Astra dok AstraMenara Astra

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Internasional Tbk melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) bakal membina 300 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), termasuk UMKM sektor manufacturing logam (logam mesin).

Pembinaan merupakan cara perseroan bermitra dengan UMKM agar dapat menjadi pemasok komponen roda dua ke Astra Honda Motor (AHM).

Pembinaan sesuai penekanan Presiden RI Joko Widodo mengenai pentingnya kemitraan antara perusahaan besar dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya di sektor otomotif.

Baca juga: Astra Group Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik lewat Proyek EV Smart Mobility

Direktur Astra sekaligus Ketua Pembina YDBA Gita Tiffany Boer mengatakan, yayasan akan memberikan pelatihan, pendampingan, serta fasilitasi pemasaran.

"YDBA juga mendorong UMKM berinovasi mulai dari diversifikasi produk, proses bisnis, hingga pemasaran melalui optimalisasi pasar online," kata Gita Tiffany Boer dalam siaran pers, Rabu (21/4/2021).

Dalam pembinaan, yayasan menggandeng pemda setempat untuk memberikan pelatihan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satunya lembaga yang diajak kerja sama adalah Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Tegal yang merupakan kolaborasi antara YDBA dan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Tegal.

LPB Tegal saat ini membina 22 UKM dengan total omzet sebesar Rp 3,26 miliar pada tahun 2019.

Baca juga: Astra Financial Luncurkan MOXA, Apa Itu?

"YBDA memberikan pelatihan pentingnya mentalitas dasar yang diharapkan dapat meningkatkan awareness dan komitmen UMKM untuk menjalankan bisnisnya masing-masing," ucap Gita.

Koordinator Lembaga Pengembangan Bisnis Kabupaten Tegal, Suyanto mengatakan, YDBA memetakan Tegal sebagai salah satu sektor unggulan manufacturing logam yang kemudian dibentuk suatu komunitas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.