Geser Bos Uniqlo, Masayoshi Son Jadi Orang Terkaya di Jepang

Kompas.com - 25/04/2021, 09:36 WIB
Masayoshi Son, CEO Softbank ShutterstockMasayoshi Son, CEO Softbank


TOKYO, KOMPAS.com - Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya di Jepang. Secara keseluruhan, terdapat 50 orang di dalam daftar tersebut dengan total nilai kekayaan mencapai 249 miliar dollar AS atau Rp 3.610 triliun (kurs Rp 14.500).

Jumlah tersebut meningkat 48 persen bila dibandingkan dengan total kekayaan 50 orang terkaya di Jepang tahun lalu. Forbes mencatat, untuk pertama kalinya, daftar orang terkaya di Jepang memiliki nilai kekayaan melebihi 1 miliar dollar AS.

Nilai kekayaan minimal untuk bisa masuk di dalam daftar tersebut saat ini di kisaran 1,5 miliar dollar AS.

Tahun ini, pendiri SoftBank Masayoshi Son kembali menduduki posisi sebagai orang terkaya nomor satu di Jepang. Nilai kekayaannya tumbuh lebih dari dua kali lipat menjadi sebesar 44,4 miliar dollar AS atau Rp 643,8 triliun.

Baca juga: Jadi Orang Terkaya RI, Apa Saja Bisnis Hartono Bersaudara?

Son mengambil alih posisi orang terkaya di Jepang dari pendiri dari Uniqlo.

Lonjakan kekayaan Son tahun ini didorong oleh kesuksesan pencatatan saham perdana (IPO) dari perusahaan jasa pengiriman makanan asal Amerika Serikat, DoorDash, dan e-commerce asal Korea Selatan Coupang. Debut penjualan saham kedua perusahaan tersebut mendorong kinerja harga saham SoftBank.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Son pun menjadi orang kaya Jepang yang paling mujur tahun ini di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Di sisi lain, kekayaan Yanai meningkat mendekati 90 persen. Hal itu didorong oleh faktor peningkatan permintaan pakaian harian yang nyaman karena keharusan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Dengan nilai kekayaan sebesar 42 miliar dollar AS, atau Rp 609 triliun, Yanai saat ini menempati posisi sebagai orang terkaya nomor dua di Jepang setelah dalam dua tahun terakhir menempati posisi pertama.

Forbes mencatat, sebanyak 36 orang terkaya di Jepang mencatat nilai kekayaan mereka meningkat, dengan nilai peningkatan lebih dari 1 miliar dollar AS.

Baca juga: Miliarder asal India Ini Kembali Jadi Orang Terkaya di Asia

Lima di antaranya tercatat mengalami peningkatan sebesar dua kali lipat, termasuk di dalamnya Shigenobu Nagamoru, pendiri perusahaan manufaktur motor dan permesinan. Ia untuk pertama kalinya masuk dalam daftar lima besar dengan nilai kekayaan mencapai 9 miliar dollar AS.

Di tengah pandemi, terdapat beberapa orang baru yang masuk ke dalam daftar prestisius tersebut.

Sebanyak lima orang baru masuk ke dalam daftar 50 orang terkaya di Jepang, yakni Taichiro Motoe, pendiri jasa e-signature bengo4.com, pemilik perusahaan jasa kesehatan online M3 Itaru Tanimura, serta pendiri perusahaan jasa cloud Rakus Takanori Nakamura.

Selain itu juga pemilik dari perusahaan konsultan relasi investor dan pemegang saham IR Japan Shirou Terashita dan Keluarga Uchiyama yang memiliki perusahaan uji coba chips semikonduktor.



Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.