Ketika Luhut Puji Menteri BUMN Erick Thohir

Kompas.com - 28/04/2021, 15:05 WIB
Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia ke-9 Kabinet Indonesia Maju yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Oktober 2019 KOMPAS.com/SUCI RAHAYUErick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia ke-9 Kabinet Indonesia Maju yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Oktober 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, BUMN memiliki peranan pentin pada perekonomian nasional.

Pada perekonomian Indonesia, BUMN memberikan sumbangsih melalui pembayaran dividen, penciptaan lapangan kerja, kontribusi pajak, dan menjadi pionir dalam sektor-sektor strategis.

Luhut pun menilai di bawah kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN, performa dan kontribusi perusahaan-perusahaan pelat merah kian membaik. Seiring dengan upaya memfokuskan BUMN pada lini bisnis utamanya.

Baca juga: Kimia Farma Buka Suara soal Penangkapan Petugas Gunakan Alat Rapid Test Bekas

"BUMN dituntut memberikan sumbangan yang lebih dalam pembangunan perekonomian, dan pada era kepemimpinan di bawah Pak Erick Thohir tuntutan itu di jawab dengan mempertajam lini bisnis dari masing-masing BUMN, dengan diikuti penguatan aspek tata kelola dan manajemen risiko yang diharapkan memberikan profitabilitas yang sehat," ujarnya dalam acara IFG Progress Launching secara virtual, Rabu (28/4/2021).

"Sejauh pengamatan saya porgram besar Kementerian BUMN dalam setahun terakhir menunjukkan kinerja yang positif," lanjut Luhut.

Dia juga mengapresiasi peran aktif BUMN terutama pada di masa pandemi Covid-19. Menurut Luhut, Kementerian BUMN telah banyak berperan dalam melawan pandemi dan memulihkan perekonomian nasional.

Ia menilai, BUMN turut berperan signifikan dalam program vaksinasi Covid-19 dan penyediaan fasilitas kesehatan lainnya.

"Dalam menangani penyebaran Covid-19, BUMN membantu pemerintah memberikan vaksinasi dan peralatan medis kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan," kata dia.

Di sisi lain, Luhut berpesan pada Erick Thohir agar BUMN dikelola dengan baik dan memiliki manajemin risiko yang tepar. Sehingga diharapkan setiap BUMN tak memiliki persoalan pada kinerja perusahaan.

Baca juga: Erick Thohir Ingin Holding Asuransi BUMN Tiru Kesuksesan Perusahaan Raksasa China

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.