Analis Kompak Prediksi IHSG Menguat, Ini Saham-saham yang Direkomendasikan

Kompas.com - 29/04/2021, 08:00 WIB
Ilustras: Suasana perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustras: Suasana perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan bursa Kamis (29/4/2021), diprediksi akan bergerak ke arah penguatan.

Sebelumnya, penutupan IHSG pada Rabu (28/4/2021) kemarin, berada pada teritori positif atau zona hijau di level 5.974,47.

Menurut Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper, secara teknikal pergerakan IHSG masih berada dalam tren pelemahan jangka menengah. Indikator stochastic terlihat membentuk goldencross mengindikasikan ada potensi untuk rebound dalam jangka pendek.

Baca juga: Ini Cara Beli Saham IPO Secara Online untuk Investor Pemula

"Selain itu, investor akan mencermati hasil kebijakan suku bunga The Fed. IHSG diprediksi menguat," katanya dalam prediksi itu.

Proyeksi senada juga dikemukakan Analis Panin Sekuritas William Hartanto, yang menyebutkan hari ini IHSG berpotensi bergerak mixed cenderung menguat dalam range level 5.941-6.100.

Begitu pula dengan CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya yang mengatakan, pergerakan IHSG terlihat sedang berusaha keluar dari rentang konsolidasi wajarnya.

Selama IHSG belum dapat menembus level resisten terdekat maka peluang koreksi wajar masih terbuka.

"Namun, mengingat para investor asing masih mencatatkan capital inflow secara year to date hal ini tentunya menunjukkan kepercayaan investor terhadap pasar modal Indonesia sehingga dapat memberikan sentimen positif bagi pergerakan IHSG. Hari ini IHSG berpotensi bergerak dalam zona hijau," jelasnya.

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama pun sepakat bahwa indeks saham sepanjang Kamis, akan lanjutkan penguatan. Berdasarkan indikator, MACD dan Stochastic telah berhasil membentuk pola golden cross.

"Di sisi lain, terlihat pola bullish inside bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga kedepannya berpeluang menuju ke resistance terdekat," katanya.

Baca juga: Reksadana Saham Loyo, Ini Penyebabnya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.