Intip Bisnis Menarik di Kala Pandemi, Puzzle Bertemakan Nusantara

Kompas.com - 03/05/2021, 13:12 WIB
Devina Djuarsa dan Nicholas Johannes merintis bisnis Cloudy Fields Puzzle, yang mendesain jigsaw puzzle dengan motif yang menampilkan kekayaan budaya dan keanekaragaman Indonesia. Dok. Cloudy Fields PuzzleDevina Djuarsa dan Nicholas Johannes merintis bisnis Cloudy Fields Puzzle, yang mendesain jigsaw puzzle dengan motif yang menampilkan kekayaan budaya dan keanekaragaman Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi ternyata dapat memunculkan ide-ide bisnis yang baru. Salah satunya ide bisnis puzzle atau permainan bongkar pasang potongan gambar.

Hal ini yang dilakukan oleh Devina Djuarsa dan Nicholas Johannes yang memilih merintis bisnis puzzle di kala pandemi.

Ide tersebut muncul ketika mereka banyak menghabiskan waktu di rumah atau work from home (WFH) karena adanya pembatasan wilayah akibat pandemi Covid-19.

Devina bercerita, WFH membuat keseharian mereka lebih banyak berkutat dengan teknologi. Seperti diketahui pandemi menuntut aktivitas mulai dari bekerja, belajar, bahkan beribadah dilakukan secara virtual.

Baca juga: 8 Tahun Jualan Kurma Impor, Pria Ini Catatkan Omzet Miliaran Rupiah Per Tahun

Oleh sebab itu, keduanya mencari hal baru yang bisa menjadi aktivitas berbeda di tengah kuatnya pengaruh gadget. Mereka pun memilih untuk bermain puzzle.

"Dari pagi sampai malam banyak aktivitas yang kami lakukan menggunakan teknologi. Karena itu, kami mulai mencari kegiatan baru dan pada waktu itu kami mulai mencoba bermain puzzle," ujarnya kepada Kompas.com dikutip pada Senin (3/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami merasa main puzzle ini cocok untuk menenangkan pikiran, semacam meditasi untuk orang yang tidak bisa diam," lanjut Devina.

Aktivitas baru tersebut membuat ide bisnis mengenai puzzle muncul pada Mei 2020 dan akhirnya terealisasi di Desember 2020 dengan nama merek Cloudy Fields Puzzle.

Bisnis puzzle mereka menawarkan gambar yang bertemakan nusantara, yakni mendesain jigsaw puzzle dengan motif yang menampilkan kekayaan budaya dan keanekaragaman Indonesia.

Koleksi pertama yang diterbitkan adalah The Nusantara Set, terdiri dari tiga desain yang menonjolkan keanekaragaman budaya dan fauna Indonesia, yaitu Shadow Puppets, Monosodium G, serta Feathers and Floras.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.