[KURASI KOMPASIANA] Menjaga Kesehatan Mental di Media Sosial | Mengenal Mental Block | Rasanya 2 Kali Terinveksi Covid-19

Kompas.com - 24/05/2021, 18:18 WIB
Ilustrasi media sosial membuat stres Highwaystarz-PhotographyIlustrasi media sosial membuat stres

KOMPASIANA---Semakin hari, sejak pandemi misalnya, durasi kita menggunakan media sosial bertambah.

Akan tetapi, semakin sering kita menggunakan media sosial, maka akan berbanding lurus dengan jumlah orang yang kita lihat --lewat beragam latar belakang dan sifatnya.

Karena kalau bukan penggunanya sendiri yang mengontrol diri akan akses terhadap media sosial bisa jadi berdampak pada kesehatan mental.

Oleh karena itu bila sudah kecanduan menggunakan media sosial, barangkali, itu sudah jadi kebiasaan yang tidak baik lagi.

1. Media Sosial Itu Panggung, Begini Caranya untuk Menjaga Kesehatan Mental

Media sosial, menurut Kompasianer Firda Fatimah, memang sebagai salah satu tempat untuk tampil dan mengekspresikan diri.

Lewat media sosial seseorang akan merasa senang ketika keberadaanya diakui, apalagi jika kemudian muncul apresiasi bagus dari orang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, kita hanya perlu memahami bahwa apa yang tampak itu hanya sebagian dari cerita, hidup yang sesungguhnya bisa jadi lebih kompleks daripada sekadar unggahan di media sosial.

Belum lagi pengguna media sosial yang pasif namun sering memantau media sosial dengan gulir sana-gulir sini berpotensi mengalami gangguan mental.

"Emosi negatif yang juga disebut Fear of Missing atau FOMO kemungkinan dapat mereka alami dengan merasakan kehampaan, marah, dan emosi-emosi negatif lainnya," tulis Kompasianer Firda Fatimah. (Baca selengkapnya)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.