Agar Tak Bingung, Berikut Penjelasan Manfaat dan Jenis Asuransi Jiwa

Kompas.com - 30/05/2021, 16:30 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Asuransi jiwa merupakan salah satu jenis asuransi yang cukup populer. Namun demikian, perlu diketahui, jenis asuransi jiwa pun cukup beragam.

Dikutip dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, asuransi jiwa adalah suatu kontrak perjanjian antara pemegang polis (tertanggung) dengan perusahaan asuransi (penanggung).

Pihak perusahaan asuransi berjanji memberikan pembayaran didasarkan pada meninggalnya tertanggung atau pembayaran yang didasarkan pada hidupnya tertanggung dengan manfaat yang besarnya telah ditetapkan dan/atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana.

Asuransi jiwa diperlukan untuk mengantisipasi kerugian finansial yang timbul akibat situasi-situasi tak terduga, seperti penyakit kritis hingga kecelakaan.

Baca juga: Mengenal Manfaat Asuransi dan Jenis-Jenis Asuransi

Dengan memiliki asuransi jiwa, harapannya nasabah atau pihak tertanggung bisa terhindar dari dampak kerugian finansial akibat kjadian tak terduga tersebut.

Setiap jenis asuransi jiwa memiliki manfaat yang berbeda. Oleh sebab itu, bagi Anda yang berminat untuk memiliki sebuah produk asuransi, sebaiknya simak penjelasan mengenai manfaat dan jenis asuransi jiwa berikut:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Asuransi Jiwa Berjangka

Produk asuransi jiwa berjangka memberikan pertanggungan selama satu jangka waktu tertentu yang disebut dengan jangka waktu polis (policy terms). 

Manfaat polis asuransi ini dapat dibayarkan hanya apabila tertanggung meninggal dunia dalam jangka waktu yang telah ditetapkan atau polis masih berlaku (in force) ketika etrtanggung meninggal dunia.

Namun, bila tertanggung masih hidup sampai berakhirnya jangka waktu yang telah ditetapkan, maka polis tersebut akan memberikan hak kepada pemegang polis untuk melanjutkan pertanggungan asuransi jiwa.

Jika pemegang polis tidak melanjutkan pertanggungan tersebut, maka polis akan berakhir dan perusahaan asuransi tidak berkewajiban untuk memberikan pertanggungan selanjutnya.

Baca juga: Pengertian Istilah-istilah Asuransi: Premi, Polis, dan Klaim

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X