Pemerintah Pede Ekonomi RI Kuartal II-2021 Tumbuh hingga 8 Persen

Kompas.com - 07/06/2021, 17:54 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjawab pertanyaan wartawan terkait peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020). ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIMenko Perekonomian Airlangga Hartarto menjawab pertanyaan wartawan terkait peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal kedua bisa mencapai 8 persen. Angka tersebut melonjak tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan pada kuartal pertama.

Indonesia masih mengalami kontraksi sebesar 0,74 persen pada kuartal pertama sebagai dampak dari pandemi virus corona (Covid-19).

"Pemerintah menyakini bahwa kuartal kedua ini kita mampu pada 7 persen sampai 8 persen," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat konferensi pers di Kantor Presiden usai rapat terbatas, Senin (7/6/2021).

Hal tersebut terlihat dari sejumlah indikator seperti pertumbuhan Penanaman Modal Asing (PMA). Penjualan kendaraan bermotor juga mengalami lonjakan secara year on year (YoY).

Baca juga: KKP Minta Tambahan Anggaran Rp 8,04 Triliun untuk Belanja Tahun 2022

Penjualan mobil melonjak hingga 228 persen YoY dan penjualan motor melonjak 227 persen YoY. Selain itu indeks keyakinan konsumen telah tumbuh di atas 100 persen dan angka penjualan ritel tumbuh 9,8 persen YoY.

"Pertumbuhan belanja nasional per akhir April kemarin juga sudah terjadi kenaikan sebesar 60,43 persen," terang Airlangga yang juga menjabat Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Airlangga juga menyampaikan realisasi anggaran PEN telah mencapai 29,9 persen dari pagu. Angka tersebut naik Rp 86,7 triliun dari kuartal pertama yang mencapai Rp 123,206 triliun.

Kegiatan di sektor kesehatan juga sudah mencapai 18,8 persen realisasi dan realisasi program perlindungan sosial sebesar 39,2 persen. Sedangkan realisasi program prioritas sebesar 28 persen, dukungan korporasi 21 persen dan insentif untuk usaha sudah 79,9 persen. (Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli)

Baca juga: BLT untuk 3 Juta UMKM, Anggaran Masih Menunggu Persetujuan Kemenkeu

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pemerintah targetkan pertumbuhan ekonomi kuartal kedua bisa capai 8%

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.