[TREN HUMANIORA KOMPASIANA] Kehilangan Gairah Setelah Mendapatkannya | Tip Tawar Menawar di Pasar Tradisional | Konservator Merawat Koleksi Museum dari Belakang Layar

Kompas.com - 08/06/2021, 21:04 WIB
ilustrasi bersantai tataksilustrasi bersantai

KOMPASIANA---Pernahkah kamu kehilangan gairah setelah apa yang kamu cita-citakan selama ini sudah terwujud?

Hal tersebut sering dirasakan dan dipertanyakan banyak orang. Padahal, proses mencapai tujuan itu tadi dilakukan dengan luar biasa susah payah.

Alih-alih bersemangat untuk mencapai yang lebih besar lagi, gairah untuk mencapai itu justru mendadak hilang.

Ada satu istilah untuk menggambarkan kondisi demikian, overjustification effect namanya. Sebuah kondisi yang menyebabkan seseorang tidak lagi bersemangat atau bergairah setelah mendapatkan sebuah penghargaan.

Selain mengenai overjustification effect, ada juga pembahasan tip tawar menawar di pasar tradisional serta tugas konsevator yang merawat koleksi museum.

Berikut konten-konten menarik dan populer pada kanal Humaniora di Kompasiana:

1. Mengapa Kita Kehilangan Gairah terhadap Sesuatu Setelah Kita Mendapatkan Penghargaan?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Overjustification effect adalah satu fenomena kognitif yang sulit dihindarkan. Ini juga menyebabkan kita kehilangan passion dari hal yang selama ini justru kita kejar dan kita anggap sebagai tujuan.

Kompasianer Andesna Nanda berpendapat, overjustification effect ini adalah satu fenomena kognitif yang sulit dihindarkan sekaligus salah satu alasan di balik mengapa kita sering sekali mengeluh pekerjaan, padahal kita merasa passion terhadap pekerjaan tersebut.

Kehilangan passion tersebut bisa disebabkan karena kita sudah menerima penghargaan, dalam bentuk apapun, kemudian otak kita mengirimkan sinyal bias penghargaan tersebut adalah sebagai titik akhir.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.