Kompas.com - 15/06/2021, 08:39 WIB
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan saham saat merebaknya wabah Covid-19 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (28/4/2020). ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTAKaryawan melintas di dekat layar pergerakan saham saat merebaknya wabah Covid-19 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (28/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Analis memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan alias IHSG hari ini, Selasa 15 Juni 2021 akan bergerak turun. Meski demikian, sejumlah saham menjadi pilihan analis untuk memberikan cuan pada trading hari ini.

Seperti diketahui, IHSG ditutup melemah 0,25 persen setara dengan 15,11 poin ke level 6.080,38 pada Senin (14/6/2021). Penurunann IHSG dipimpin oleh saham-saham sektor industri (-2,27 persen), transportasi (-1,94 persen) dan konsumsi primer (-1,51 persen).

Lanjar Nafi Analis Reliance Sekuritas prediksi IHSG hari ini akan melemah karena investor mencari langkah aman dari penguatan IHSG di pekan lalu.

Baca juga: Penutupan Perdagangan IHSG dan Rupiah Kompak Merosot

 

Selain itu, menurut Lanjar, pemulihan ekonomi Indonesia masih akan terancam karena lonjakan kasus Covid-19 dan adanya taper tantrum yang terjadi di AS.

Investor asing tercatat melakukan aksi beli bersih sebesar Rp 337,39 miliar. Dimana saham yang banyak dibeli investor (net buy) asing di antaranya saham BBRI, MDKA, BMRI, TLKM dan GGRM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lanjar mengatakan, pergerakan IHSG hari ini (15/6) secara teknikal mengkonfirmasi pola bearish counter attack dan false break resistance dengan pelemahan menguji kembali support moving average 5 hari.

Indikator Stochastic dan RSI menjenuh pada area dekat overbought dengan MACD bergerak pada kondisi overvalue.

Sehingga secara teknikal, Lanjar prediksi IHSG hari ini masih dapat berpotensi melemah dengan support resistance 6.050 - 6.096.

Rekomendasi saham pilihan

Di tengah prediksi IHSG melemah, Lanjar rekomendasi sejumlah saham pilihan untuk trading hari ini. Secara teknikal diantaranya, rekomendasi saham pilihan hari ini meliputi ACES, ASRI, BNGA, BSDE, INTP, JSMR, PWON, SMRA, UNVR.

Bursa Asia ditutup naik di saat beberapa wilayah Asia libur bursa. Investor bersiap mengadakan pertemuan penting The Fed di akhir pekan ini untuk mengambil prospek arah kebijakan selanjutnya.

Baca juga: Kepincut Investasi Saham Syariah? Baca Ini Dulu Biar Paham

Penguatan bursa Eropa dipimpin saham perusahaan energi kembali optimis. Minyak memperpanjang kenaikan tiga mingguannya di tengah optimisme bahwa pembukaan kembali ekonomi akan meningkatkan permintaan musim panas di AS dan Eropa.

Selanjutnya, Lanjar mengatakan, investor akan menanti hasil Uni Eropa-AS KTT berlangsung di Brussel dan data produksi industri AS, harga produsen dan penjualan ritel pada Selasa. Dari dalam negeri data aktifitas perdagangan Indonesia beserta data impor dan ekspor akan menjadi katalis pada perdagangan selanjutnya.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Prediksi IHSG hari ini (15/6) turun, berikut rekomendasi saham pilihan yang bisa cuan

 

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

 



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.