Margo Yuwono Jadi Kepala BPS, Pesan Menteri PPN: Hasilkan Data Berkualitas dan Tepercaya

Kompas.com - 25/06/2021, 13:22 WIB
Menteri Perencana Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso (kanan) melantik Margo Yuwono (kiri) sebagai Kepala BPS pada Jumat (25/6/2021). 
Tangkapan layar Youtube BPS StatisticsMenteri Perencana Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso (kanan) melantik Margo Yuwono (kiri) sebagai Kepala BPS pada Jumat (25/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Margo Yuwono telah ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) yang baru menggantikan Suhariyanto yang telah memasuki masa pensiun.

Pengangkatan Margo berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 79/TPA Tahun 2021.

Pelantikannya dilakukan oleh Menteri Perencana Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa secara virtual.

Baca juga: Margo Yuwono Resmi Jadi Kepala BPS Gantikan Suhariyanto

Suharso berharap Margo dapat mengemban tugas dan fungsi sebagai Kepala BPS dengan penuh amanah dan mampu melaksanakan peraturan perundang-undangan demi pertumbuhan dan pengembangan BPS yang kredibel.

"Harapan kami, pemerintah dan seluruh bangsa Indonesia, agar BPS meneruskan kiprahnya dalam menghasilkan data yang berkualitas dan tepercaya. Keberadaan data yang akurat, objektif, cepat, dan kredibel di era digitalisasi saat ini menjadi sangat penting," ujar Suharso dalam acara pelantikan, Jumat (25/6/2021).

Menurut dia, data yang berkualitas dan tepercaya sangat dibutuhkan bagi pemerintah dan pelaku usaha, khususnya pada masa pandemi Covid-19 saat ini, untuk mengambil kebijakan yang secara cepat dan tepat sasaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kebijakan bisa dilakukan dengan optimal.

"Pada saat pandemi ini data yang berkualitas dan aktual, disertai analisis yang baik sangat diperlukan bukan hanya oleh pemeirntah, tetapi juga oleh masyarakat luas, termasuk dunia usaha," kata Suharso.

Baca juga: BPS: Nilai Tukar Petani Naik 0,44 Persen pada Mei 2021

Dalam penyediaan data yang berkualitas, lanjut dia, tantangan BPS ke depannya memang akan semakin besar.

Salah satunya tantangan untuk memastikan kepada responden terkait keamanan data mereka saat BPS menghimpun data.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.