Bos Freeport Beberkan Perkembangan Restorasi di Lahan Bekas Tambang

Kompas.com - 06/07/2021, 17:10 WIB
Salah seorang pekerja di PT Freeport Indonesia (PTFI) sedang mengendarai kendaraan khusus tambang di tambang Gresberg, Papua. Dok. Humas PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM Salah seorang pekerja di PT Freeport Indonesia (PTFI) sedang mengendarai kendaraan khusus tambang di tambang Gresberg, Papua.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Freeport Indonesia atau PTFI terus melakukan restorasi di kawasan bekas tambang operasionalnya.

Tercatat proses restorasi meliputi reklamasi dan rehabilitasi sudah mulai dilakukan sejak 1999.

Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan, sejak tahun 1999, proses rehabilitasi di wilayah salah satu tambang emas terbesar dunia, Grasberg, sudah dilakukan di lahan seluas 2.800 hektar.

Baca juga: Freeport Akan Beri Vaksinasi Covid-19 untuk 38.000 Karyawan

Sementara itu, pada paruh pertama tahun ini, PTFI telah menanam 1 juta pohon di wilayah tambang terbuka yang sudah tidak ada aktivitas tersebut, dengan mencakup lahan seluas 400 hektar.

"Rencana tahun ini bisa mencapai 2,7 pohon di lahan sekitar 2.000 hektar," kata Tony dalam Kompas Talks : Restorasi Ekosistem Untuk Keberlanjutan Keanekaragaman Hayati, Selasa (6/7/2021).

Selain melakukan restorasi, PTFI juga fokus melakukan edukasi kepada masyarakat sekitar terkait keberlanjutan ekosistem hayati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Tony, keberlangsungan ekosistem hayati menjadi penting, mengingat aktivitas tambang akan berhenti pada masa mendatang.

"Suatu saat aktivitas tambang akan berhenti, dan kita perlu meyakinkan masyarakat setelah menambang disana, masyarakat di sekitar kita dapat terus melanjutkan kehidupannya dengan lebih baik lagi," tutur dia.

Baca juga: Pertimbangkan Bangun Smelter Freeport di Halmahera, Dirut MIND.ID: Lebih Murah...

Sebagai informasi, PTFI mendapatkan perpanjangan kontrak operasional melalui Izin Usaha Pertambangan Khusus Operasi Produksi (IUPK) hingga 2041.

Setelah tambang terbuka Grasberg berhenti berproduksi, PTFI saat ini tengah fokus mengembangkan dan mengoperasikan kegiatan tambang di bawah tanah.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.